Tahapan dalam Proses Memulai Bisnis Baru

Ketika Anda memulai bisnis baru, Anda mengembangkan ide Anda secara bertahap. Membuat rencana komprehensif menggunakan proses yang benar saat memulai bisnis sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Merencanakan bisnis secara bertahap, dan dalam urutan yang benar, akan membantu memastikan bahwa Anda mengembangkan fondasi bisnis yang solid.

Studi Kelayakan Bisnis

Sebelum Anda dapat mulai merencanakan bisnis Anda, Anda harus terlebih dahulu menetapkan jenis bisnis apa yang ingin Anda mulai. Kemudian gali pengetahuan tentang bisnis yang Anda ingin jalankan, kembangkan ide bisnis Anda, dan jangan malu untuk belajar dari ahlinya atau orang sudah sudah berhasil dalam bisnis tersebut. Lakukan riset untuk mengetahui apakah berapa banyak permintaan, siapa pasarnya, apa hambatannya hingga seberapa banyak kompetisi yang ada dan yang terakhir, tanyakan pada diri Anda apakah Anda merasa nyaman menginvestasikan seluruh sumber daya Anda kedalam bisnis tersebut.

Rencana Bisnis

Salah satu tahap awal dari setiap bisnis baru adalah membuat rencana bisnis. Rencana bisnis Anda menguraikan jenis bisnis yang akan Anda mulai, berapa banyak modal awal yang akan Anda butuhkan, alat pendukung atau fasilitas apa yang akan Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda, berapa banyak staf yang akan Anda butuhkan dan proyeksi pendapatan untuk tiga tahun pertama. Rencana bisnis Anda menjadi blue print tentang bagaimana Anda ingin membangun bisnis Anda.

Pembiayaan

Sebelum memulai, Anda perlu mengalokasikan pembiayaan untuk bisnis Anda. Ikuti rencana bisnis Anda untuk menentukan berapa modal awal yang Anda perlukan. Sebelum Anda mengambil dana pembiayaan dari Bank atau Investor, tentukan berapa banyak modal Anda. Ada baiknya jika mempertimbangkan untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang Anda kenal daripada membiarkan investor yang tidak Anda kenal terlibat dalam bisnis Anda. Pemberi pinjaman, seperti bank atau Lembaga keuangan lain akan ingin melihat semacam stabilitas pada keuangan Anda.

www.turboly.com