Aturan Mengelola Arus Kas

image

Untuk mempertahankan arus kas yang sehat, Anda membutuhkan lebih dari sekadar pendapatan. Berikut adalah beberapa aturan untuk mengelola arus kas Anda dan menjaga piutang tetap aman :

Pastikan Pencatatan Akurat dan Selalu Update

Arus kas merupakan bagian dari laporan Akuntansi oleh karena itu pastikan informasi selalu up to date, sehingga Anda dapat mengetahui overview kondisi keuangan bisnis Anda. Jangan takut untuk berinvestasi Sistem Akuntansi untuk lebih memudahkan pencatatan.

Tegas Dengan pelanggan Anda

Anda perlu mengatur kapan waktunya lunak dan tegas kepada pelanggan. Jangan takut untuk mengambil tindakan yang lebih formal jika perlu. Selalu awasi perputaran piutang Anda setiap saat tentukan batas kredit dan overdue pembayaran setiap pelanggan. Jika sudah mulai menyentuh batas yang Anda tentukan berarti sudah waktunya untuk mengejar pembayaran. Seiring bertambahnya usia piutang, kualitasnya turun, jadi Anda harus bertindak lebih cepat sebelum menyesal.

Sederhanakan Proses Pembukuan

Jika Anda tidak memiliki pengakuan tentang Akuntansi / pembukan, rekrutlah seorang akuntan. Gunakan Sistem Akuntansi yang berkualitas, sehingga Anda selalu tahu posisi kas Anda. Ini juga akan membantu Anda memperkirakan arus kas Anda untuk tujuan perencanaan. Sistem akuntansi yang andal akan membantu pencatatan dan pelacakan dengan baik. Termasuk umur piutang usaha, margin operasi dan perputaran persediaan. Memiliki data yang akurat akan membantu Anda mengelola uang Anda seperti pro - dan mengambil keuntungan dari peluang baru.

Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Ini penting jika Anda ingin memahami arus kas bisnis Anda dan memperkirakan bagaimana itu akan berubah. Menggabungkan bisnis dan keuangan pribadi Anda dapat membuat Anda tidak yakin tentang kinerja bisnis. Jadi pisahkan mereka. Dengan begitu Anda akan tahu berapa banyak uang tunai yang dihasilkan perusahaan Anda. Maka Anda akan berada dalam posisi yang baik untuk membayar sendiri - dan menggunakan kelebihan uang tunai untuk memperkuat dan mengembangkan bisnis Anda.

Siapkan Pencadangan Kas

Langkah utama untuk mengelola arus kas seperti seorang profesional adalah menyiapkan cadangan kas. Cadangan uang tunai bagaikan menyediakan “asuransi” yang Anda butuhkan untuk mengelola peristiwa tak terduga. Ini juga memberi Anda kepercayaan diri dan keuangan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Tidak harus dengan dana yang besar dalam menyiapkan cadangan uang tunai yang besar. Tetapi jika Anda melakukannya, pastikan dapat melindungi bisnis Anda dari siklus ekonomi.

Buat arus kas bekerja untuk Anda. “Uang adalah raja” mungkin ungkapan lama, tetapi itu sangat penting untuk usaha kecil. Mengikuti lima aturan di atas akan membantu memastikan bahwa uang tunai akan melayani Anda - bukan sebaliknya.

turboly.com