Cara Menumbuhkan Bisnis Lebih Besar

image

Mempelajari bagaimana cara menumbuhkan bisnis bukan hanya kebutuhan; mengembangkan bisnis merupakan kebutuhan untuk mempertahankan eksistensi bisnis dan meningkatkan nilai ekonominya. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda melampaui target? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya menjadi sumber pendapatan yang Anda impikan? Berikut adalah beberapa strategi untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang sudah teruji :

1. Lebih Agresif

Ketika muncul pemikiran tentang bagaimana mengembangkan bisnis Anda, hal pertama yang mungkin muncul di benak Anda adalah mendapatkan pelanggan baru, tetapi pelanggan yang sudah Anda miliki adalah taruhan terbaik Anda untuk meningkatkan penjualan Anda. Lebih mudah dan lebih hemat biaya untuk membuat orang yang sudah membeli dari Anda untuk membeli lebih banyak daripada mencari pelanggan baru dan membujuk mereka untuk membeli dari Anda. Jadi fokuslah pada cara untuk membuat pelanggan kembali.

2. Business Refferal

Menarik pelanggan baru ke bisnis Anda merupakan salah satu strategi yang efektif dan murah. Karena dalam melakukannya Anda hanya perlu meminta referensi kepada pelanggan Anda saat ini. Murah? Iya karena mungkin ongkos yang dikeluarkan jauh lebih murah jika dibandingkan Anda mencari sendiri. Apakah mudah? Belum tentu. Mau tidaknya pelanggan menyebarkan informasi mengenai bisnis Anda bergantung pada produk yang bagus dan pelayanan yang Anda berikan. Anda harus secara aktif mencari referensi, tanyakan kepada pelanggan Anda yang puas apakah mereka mengenal orang lain yang akan tertarik dengan produk atau layanan Anda dan berikanlah reward yeng membuat mereka merasa dihargai.

3. Inovasi Produk atau Layanan Anda

Menemukan dan mempromosikan penggunaan baru untuk produk atau layanan Anda adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak dan menarik pelanggan baru.

4. Ekspansi Bisnis

Ada beberapa cara untuk mengembangkan bisnis Anda dengan membuat produk atau layanan Anda tersedia untuk sekelompok pelanggan baru. Yang paling jelas adalah membuka toko di lokasi baru. Tidak harus secara fisik, bisa juga secara virtual, seperti toko online/ marketplace. Pendekatan lain adalah memperluas jangkauan Anda melalui iklan. Setelah Anda mengidentifikasi pasar baru, Anda dapat beriklan di media tertentu yang menargetkan pasar itu. Jika pasar baru Anda terdiri dari demografis yang lebih muda, Anda mungkin ingin menggunakan media sosial untuk iklan.

5. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Pameran dagang juga bisa menjadi cara yang bagus untuk tumbuh. Karena pameran dagang menarik orang-orang yang sudah tertarik pada jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, mereka dapat meningkatkan laba Anda. Caranya adalah dengan memilih pameran dagang yang Anda ikuti dengan cermat, mencari kecocokan yang tepat untuk produk atau layanan Anda.

6. Diversifikasi Produk atau Layanan Anda

Kunci keberhasilan pertumbuhan melalui diversifikasi adalah kesamaan. Anda ingin fokus pada kebutuhan terkait pasar Anda yang sudah mapan atau pada segmen pasar dengan kebutuhan dan karakteristik yang serupa.

Sudah saatnya bisnis Anda bertumbuh. Bagaimana mengembangkan bisnis Anda. Pilih satu atau dua dari ide-ide diatas yang cocok untuk bisnis dan keadaan Anda. Meskipun hasilnya tidak akan instant, Anda akan melihat kemajuan jika konsisten, dan akan melihat kemajuan jika Anda terus melakukannya, dan akan berhasil mengubah bisnis Anda menjadi semua yang Anda inginkan.

turboly.com