Manfaat Besar Sistem POS Berbasis Cloud 1

image

Perlu Sistem Point of Sale (POS) di toko Anda? Mempertimbangkan POS berbasis Cloud tetapi khawatir tentang keamanan atau bagaimana cara kerjanya dengan sistem penjualan lainnya?

Apakah Anda membuka bisnis untuk pertama kalinya, atau Anda sedang mempertimbagkan untuk mengganti Sistem POS Anda saat ini, Anda mungkin bingung tentang pilihan yang tersedia untuk Anda. Sistem POS konvensional telah berubah selama beberapa waktu terakhir, dengan teknologi membuatnya lebih fleksibel dan lebih mampu mendukung bisnis Anda yang berkembang daripada sebelumnya. Salah satu perkembangan terbesar di dunia POS adalah penggunaan teknologi berbasis cloud.

Jika Anda belum memiliki pengalaman tentang teknologi berbasis cloud sebelumnya, adalah sesuati yang wajar jika Anda khawatir. Banyak orang masih menganggap bahwa solusi yang melibatkan teknologi adalah sesuatu yang rumit, dan mungkin tidak memiliki kemampuan yang sama dengan Sistem POS konvensional. Namun, saat ini Sistem POS berbasis cloud adalah solusi usaha retail yang sangat user friendly, dan memberikan mobilitas dan fleksibilitas yang lebih besar untuk bisnis Anda, memberikan manfaat yang lebih dibandingkan sistem POS biasa.

Ada 2 manfaat terbesar Sistem POS berbasis Cloud: Keamanan dan Integrasi.

Jika yang Anda khawatirkan adalah keamanan, Sistem POS berbasis Cloud adalah solusinya. Sistem POS berbasis cloud menawarkan sistem keamanan data yang luar biasa dan tingkatan keamanannya pun dapat yang ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Di dunia usaha saat ini, cara menyimpan data secara virtual tanpa melihatnya secara fisik dan harus bergantung pada pihak lain untuk menjaga keamanannya adalah sesuatu hal yang baru. Meskipun demikian, para pengusaha saat ini sepakat bahwa sistem POS berbasis Cloud sebenarnya dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih besar daripada solusi yang di-hosting secara lokal.

Apa itu Server Cloud?

Cloud Server pada dasarnya adalah server virtual, yang dijalankan pada server fisik di lokasi luar. Setiap server fisik yang digunakan dalam cloud-hosting sebenarnya dapat mendukung puluhan server virtual, dan perangkat keras fisik yang melakukan fungsi ini akan berlokasi di pusat data kelas perusahaan.

Mengapa keamanan pusat data penting?

Ketika Anda memiliki POS berbasis Windows konvensional, data disimpan di server Anda di tempat bisnis Anda. Meskipun mungkin tampak lebih nyaman untuk memiliki informasi ini di lokasi, lokasi tersebut memang menghadirkan sejumlah potensi bahaya keamanan dalam hal akses fisik ke server Anda.

Data center yang digunakan dalam solusi berbasis cloud dibuat khusus, dirancang khusus untuk menyimpan data Anda, dan data center lain yang menggunakan POS berbasis cloud yang sama dengan Anda, sepenuhnya aman dan aman, sambil tetap membuatnya dapat diakses oleh Anda 24/7 . Data center ini dibangun dengan keamanan yang cukup ketat, melalui pemantauan elektronik yang canggih dengan patrol cyber secara reguler dan konsisten. Coba sekarang bandingkan dengan sistem keamanan di ruang server konvensional, yang biasanya hanya di satu ruangan yang terkunci. Terlihat aman, namun sebenarnya cukup mudah dibobol.

Keamanan jaringan

Perhatian utama lain dari bisnis apa pun adalah keamanan jaringan mereka. Ini berarti memiliki kendali penuh atas siapa yang dapat mengakses jaringan mereka, secara virtual maupun fisik. Penyedia data center/ cloud memiliki tanggung jawab ini dengan sangat serius karena reputasi mereka untuk keamanan dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan mereka.

Untuk memastikan bahwa mereka memberikan tingkat keamanan jaringan setinggi mungkin, Penyedia data center/ cloud berinvestasi besar-besaran pada staf yang terampil dan berbakat serta teknologi canggih yang diperlukan untuk membangun keamanan jaringan yang luar biasa.

Biaya keamanan berbasis cloud

Salah satu kekhawatiran pemilik bisnis ketika mereka dihadapkan dengan gagasan POS berbasis Cloud adalah bahwa itu akan jauh lebih mahal daripada versi tradisional berbasis Windows.

Tidak ada sistem yang aman akan menjadi murah, sistem POS tradisional datang dengan banyak biaya tambahan seperti server, instalasi, biaya lisensi, paket dukungan dan masih banyak lagi biaya tak terduga. Setelah Anda memiliki peralatan yang relevan, Anda perlu berinvestasi dalam keamanan fisik dan jaringan untuk menjaga keamanan data Anda dengan membangun ruang server ber-AC selama 24/7. Cloud server mampu menciptakan infrastruktur dan lingkungan yang menawarkan solusi keamanan yang terjangkau dan efektif untuk bisnis kecil dan menengah.

turboly.com