Serial Number Untuk Identifikasi Hardware dan Software

image

Serial Number / Nomor Seri adalah kombinasi nomor dan huruf atau karakter unik yang digunakan sebagai identifikasi untuk setiap perangkat keras atau perangkat lunak bisa juga uang kertas atau berbagai jenis dokumen penting lain.

Ide dibalik munculnya nomor seri adalah untuk mengidentifikasi item tertentu, seperti halnya sidik jari mengidentifikasi manusia. Nomor seri pada hardware tertanam di perangkat, sedangkan untuk software biasanya akan menggunakan nomor seri dalam bentuk virtual, bedanya dengan nomor seri pada hardware, nomor seri virtual akan terikat pada pembeli bukan pada copy software (fisik : misalnya CD).

Istilah nomor seri sering disingkat menjadi hanya S / N atau SN, terutama ketika kata mendahului nomor seri aktual pada sesuatu. Nomor seri juga kadang-kadang, tetapi tidak sering, disebut sebagai kode seri.

Serial Number Selalu Unik

Penting untuk membedakan nomor seri dari kode atau nomor pengenal lainnya. Singkatnya, nomor seri itu unik. Misalnya, nomor model untuk televisi mungkin TV0001 tetapi itu berlaku untuk setiap televisi model TV0001; nomor model akan selalu identik sedangkan Nomor Seri berbeda untuk setiap komponen.

Sebagai contoh, jika televisi Brand X menjual 100 televisi TV0001 dalam satu bulan, setiap televisi itu akan memiliki kode model “TV0001” biasanya akan selalu terlihat jelas. Namun, Jika dicermati secara teliti, pada perangkat televisi tersebut akan tersimpan nomor seri yang berbeda-beda misalnya X1234ZX, X10987UQ meskipun kode modelnya sama.

Kode UPC juga umum tetapi sebenarnya tidak unik seperti nomor seri. Kode UPC berbeda dari nomor seri karena Kode UPC tidak unik untuk setiap bagian perangkat keras atau perangkat lunak, sebagaimana nomor seri.

ISSN yang digunakan untuk majalah dan ISBN untuk buku juga berbeda karena mereka digunakan untuk seluruh masalah atau terbitan berkala dan tidak unik untuk setiap contoh salinan.

Serial Number Peralatan Elektronik

Anda mungkin pernah melihat nomor seri berkali-kali sebelumnya. Hampir setiap bagian komputer memiliki nomor seri termasuk monitor, keyboard, mouse, dan terkadang bahkan seluruh sistem komputer Anda secara keseluruhan. Komponen komputer internal seperti hard drive, drive optik, dan motherboard juga memiliki nomor seri.

Nomor seri digunakan oleh setiap perusahaan manufaktur dan perakitan elektronik untuk melacak setiap barang, biasanya untuk kontrol kualitas. Nomor seri juga digunakan di lingkungan non-teknologi seperti saat penyimpanan persediaan. Sangat mudah untuk mengidentifikasi perangkat berdasarkan nomor seri-nya.

Serial Number Software

Nomor seri untuk program perangkat lunak biasanya digunakan untuk membantu memastikan bahwa instalasi program hanya dilakukan satu kali dan hanya pada komputer pembeli. Setelah nomor seri digunakan dan didaftarkan maka nomor seri yang sama tidak akan bisa digunakan kembali. Maka dari itu, sangat penting untuk menyimpan Nomor Seri software yang Anda miliki. Hal ini berguna jika suatu saat Anda ingin melakukan install ulang software Anda.

Dalam perusahaan perdagangan khususnya elektronik, spareparts ataupun software. Sistem ERP yang memiliki fitur tracking Serial Number akan sangat penting untuk mengontrol persediaan dan untuk menghindari kecurangan yang terjadi.

turboly.com