Strategi Diskon yang Menarik Perhatian Pelanggan

image

Semua orang menyukai diskon. Meskipun sebenarnya kita tahu harga tersebut sebelumnya sudah di markup, namun kebanyakan orang masih tertarik dengan promosi diskon yang diberikan oleh para pelaku bisnis.

Berikut ini ada beberapa strategi promosi diskon yang sering ditawarkan toko kepada para pelanggannya dan membuat pembeli lain yang juga berminat untuk membeli produk tersebut. Berikut adalah strategi diskon yang dapat menarik pelanggan :

Happy Hour

Happy hour adalah program promo / diskon waktu yang ditentukan. Contoh yang paling mudah adalah “midnight sale” misalnya yang memberikan potongan besar pada saat menjelang tengah malam biasanya dimulai 22.00 - 24.00.

Buy One Get One

Ini adalah promo paling populer di semua toko retail ataupun kedai makanan. Dengan promo ini pelanggan hanya membayar harga 1 produk untuk mendapatkan 2 produk.

Diskon Social Media

Promo ini memberikan diskon bagi pelanggan yang mengunggah foto produk yang sudah dibeli ke dalam social media (Facebook, Instagram, Twitter, dll) disertai dengan kata-kata yang dapat menarik pelanggan lain untuk membeli produk tersebut yang di kaitkan dengan akun social media toko.

Diskon Ulang Tahun

Promo ini sering dijumpai di toko retail maupun kedai makanan, dimana memberikan diskon kepada pelanggan yang berulang tahun. Strateginya bisa di tgl atau bulan ulang tahun yang sama saat pelanggan berbelanja.

Diskon Pembayaran

Diskon pembelian ini berlaku atas setiap pembayaran dengan metode tertentu. Jika dulu promo ini hanya bisa ditemui dengan tipe pambayaran kartu kredit, saat ini promo diskon pembayaran bisa dijumpai dengan metode pembayaran elektronik yang sedang marak. Biasanya diskon akan diberikan secara langsung ketika pelanggan saat transaksi.

Cashback

Pemberian cashback sebetulnya sama dengan diskon, hanya saja yang menbedakan adalah, diskon diberikan berupa potongan dalam bentuk persentase atau potongan harga, sedangkan cashback dapat berupa pengembalian pembayaran ke akun pelanggan atau bisa berupa voucher yang dapat digunakan untuk berbelanja kembali. Online store saat ini yang paling umum dalam memberikan promo cash back.

Diskon Membership

Saat ini sebagian masyarakat juga memiliki kartu membership dari tempat perbelanjaan, online shop ataupun tempat hiburan, yang akan mendapatkan perlakuan istimewa seperti mendapat beragam hadiah, poin yang bisa ditukarkan, diskon khusus atau harga spesial. Program membership seperti ini merupakan strategi promosi dari perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya.

Strategi promosi apapun yang akan diterapkan di toko sebaiknya menguntungkan 2 belah pihak baik dari sisi pembeli maupun toko (penjual). Untuk mencegah “fraud” yang terjadi karena diskon yang tidak terkontrol, manfaatkan Sistem Point of Sale untuk mendukung kelancaran suatu bisnis.