5 Tanda Membutuhkan Sistem ERP Baru

Seiring dengan pertumbuhan dan ekspansi bisnis kebutuhan akan Sistem ERP sangatlah penting, baik itu yang baru akan menerapkan Sistem ERP atau mengganti Sistem ERP yang sudah ada. Namun, tidak cukup banyak perusahaan yang proaktif dalam rencana ini, kebanyakan dari mereka menunda rencana tersebut hingga muncul tanda-tanda yang menyatakan perlunya otomatisasi proses bisnis di suatu perusahaan.

Berikut adalah beberapa permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yang dapat diselesaikan dengan SIstem ERP :

Menggunakan banyak sistem dalam satu perusahaan

Menggunakan banyak sistem berbeda untuk berbagai department dalam satu perusahaan akan membuat data menjadi tidak mengalir ke setiap bagian, yang hasilnya menjaga agar data yang berbeda tetap up to date adalah tugas yang sulit. Menggunakan sistem yang berbeda dapat menimbulkan kekacauan di perusahaan karena akses data menjadi sangat sulit.

Tidak mendapatkan informasi bisnis secara jelas

Tidak bisa mendapatkan wawasan yang jelas tentang proses bisnis secepat yang dibutuhkan. Sering ada perbedaan dalam laporan yang berbeda, yang membuat keputusan berdasarkan informasi menjadi terhambat. Dengan sistem berbeda di berbagai area fungsional bisnis, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan wawasan bisnis secara realtime. Akibatnya, Anda mungkin tidak melihat banyak kekurangan perusahaan Anda, karenanya gagal menemukan solusi.

Biaya operasional terlalu tinggi

Jika dalam satu perusahaan menggunakan beberapa sistem, ada kemungkinan ketidakefisienan operasional karena tidak terpantau dengan baik. Hal inilah yang membuat biaya operasional Anda mungkin lebih tinggi dari budget yang ditetapkan.

Ekspansi bisnis terhambat

Pertumbuhan adalah hal yang hebat. Namun, itu juga berarti lebih banyak karyawan, lebih banyak pelanggan, dan lebih banyak data untuk diproses. Jika menggunakan banyak sistem atau masih menggunakan sistem ERP yang sudah “kuno” pengolahan informasi menjadi lebih lama dan ada kemungkinan butuh laporan manual, hal ini membuat proses menjadi tidak efisien yang akan menghambat pertumbuhan bisnis Anda.

Sistem ERP sudah out-of-date

Jika sistem ERP di perusahaan Aanda telah mencapai akhir masa pakainya, itu berarti Anda tidak lagi menerima layanan technical support, pembaruan fitur, dsb. Tentu saja, sistem Anda tidak akan berhenti bekerja segera. Sementara itu, mulailah memikirkan solusi baru.

www.turboly.com