Cara Menggunakan dan Maksimalkan Sistem POS Anda - Part 1

image

Sistem point of sale (POS) adalah alat yang paling penting yang wajib miliki di toko Anda. Dari menerima penjualan dan memproses pembayaran hingga untuk melacak persediaan dan menyimpan profil pelanggan, solusi Sistem POS yang tepat dapat membuat bisnis ritel Anda berjalan seperti mesin dengan performa yang prima

Tapi seperti kebanyakan alat bantu lainnya, sistem point of sale akan berjalan bagus jika orang yang menggunakannya sudah lancar dan fasih dalam pengoperasiannya. Itulah mengapa penting bagi Anda dan tim Anda untuk mengetahui seluk beluk Sistem POS sehingga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Setiap solusi memiliki cara berbeda, jadi tidak ada cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana menggunakan sistem POS. Tetapi sebagian besar solusi modern saat ini memiliki fungsi umum yang serupa yang harus Anda kuasai.

Berikut menjelaskan beberapa fitur tersebut dan menawarkan kiat tentang cara memaksimalkan solusi tempat penjualan Anda.

Menggunakan sistem POS Anda untuk menerima penjualan. Fungsi utama POS Anda adalah untuk meningkatkan penjualan, jadi Anda harus membiasakan diri dengan tampilan layar penjualan di sistem. Setiap solusi berbeda, tetapi secara umum, POS Anda akan membiarkan Anda menelepon penjualan menggunakan langkah-langkah berikut:

Menambahkan item ke penjualan. Bergantung pada bagaimana sistem Anda diatur, menambahkan item dapat dilakukan dengan:

  • Scan barcode
  • Mencari berdasarkan SKU
  • Mencari berdasarkan nama produk

Memberikan diskon - Jika Anda menjalankan penjualan atau ingin menerapkan diskon ke item baris atau seluruh transaksi, pastikan Sistem POS Anda untuk melakukannya. Jika sistem Anda tidak memiliki fitur ini, lihat apakah itu memungkinkan Anda menyesuaikan harga item secara manual.

Proses pembayaran - Ini adalah bagian di mana pembayaran diterima. Hampir semua sistem POS memiliki kemampuan untuk mengambil uang tunai atau kartu kredit, sehingga proses penerimaan jenis pembayaran ini cukup mudah.

Selain itu sistem POS juga menyediakan opsi lain untuk pembayaran, seperti contohnya :

  • Voucher
  • Customer Account
  • Pembayaran digital
  • Point Loyalitas Pelanggan

Mengelola persediaan menggunakan sistem POS

Penjualan ritel dan persediaan sangat berhubungan, itulah sebabnya sebagian besar sistem POS modern (terutama yang berjalan Cloud POS) menawarkan fitur manajemen persediaan.

Sistem POS lainnya menyediakan fitur yang lebih canggih seperti:

Manajemen persediaan multi-toko - Ini sangat penting jika Anda menjalankan lebih dari satu toko ritel. Anda ingin sistem manajemen POS / persediaans Anda memiliki kemampuan kontrol stok terpusat sehingga Anda dapat mengelola produk dari beberapa toko dari satu platform.

Idealnya, solusi Anda harus memungkinkan Anda mentransfer stok dari satu lokasi ke lokasi berikutnya, serta menghasilkan laporan untuk setiap toko. Susah mengelola toko pada sistem yang berbeda, jadi jika Anda memiliki bisnis ritel multi-outlet (atau Anda berencana untuk memperluas) pastikan Anda dapat melakukan semuanya dari satu solusi.

Stock Opname - Melakukan penghitungan persediaan fisik secara rutin sangat penting untuk tetap berada dibatas stok yang aman, sehingga merupakan wajib untuk memiliki sistem yang memiliki fitur stock opname.

ReOrder Point - Beberapa sistem POS memungkinkan Anda mengatur level “safety stock” atau reorder point, di mana ia secara otomatis memicu pesanan stok setiap kali suatu produk turun di bawah level yang sudah disetting.

turboly.com