Cara Menggunakan dan Memaksimalkan Sistem POS - Part 2

image

Bagaimana Sistem POS yang tepat dapat membantu mengelola pelanggan dan mendapatkan keuntungan dari mereka? Pelanggan sangat senang untuk diperhatikan. Jadi, jika sangat penting jika Sistem POS memiliki kapabilitas CRM untuk lebih mendekatkan diri dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa fitur yang harus dimiliki sistem POS :

  • Basis data pelanggan - Idealnya, sistem Anda harus memungkinkan Anda membuat profil pelanggan yang berisi info kontak mereka dan riwayat pembelian.

  • Grup pelanggan - Mampu membuat grup atau segmen pelanggan juga penting, karena ini memungkinkan Anda untuk membuat pesan dan promosi yang disesuaikan dengan mudah. Misalnya, Anda dapat membuat grup untuk pembeli VIP ketika Anda ingin mengirim tunjangan eksklusif.

  • Program loyalitas - Omong-omong, menawarkan tunjangan dan hadiah adalah cara yang terbukti menghasilkan bisnis yang berulang, jadi buatlah program loyalitas jika Anda bisa. Periksa dengan POS Anda jika memiliki penawaran loyalitas bawaan. Jika tidak, Anda selalu dapat memilih untuk integrasi pihak ketiga (lebih lanjut tentang ini nanti).

Pelaporan POS dan analitik ritel

Sistem POS modern memiliki kemampuan pelaporan yang menjelaskan metrik penjualan dan persediaans Anda. Sekali lagi, setiap sistem berbeda, jadi Anda ingin menjelajahi solusi titik penjualan Anda untuk melihat jenis laporan apa yang tersedia.

Idealnya, Anda ingin mendapatkan yang berikut:

Inventory On Hand - Anda selalu ingin tahu berapa banyak barang dagangan yang Anda miliki di toko Anda, jadi jika ada laporan yang harus Anda jalankan secara teratur, seharusnya yang ini.

Stok Rendah - Laporan ini memberi tahu Anda item mana yang hampir habis, sehingga Anda dapat menghindari kehabisan stok. Yang terbaik adalah menjalankan laporan ini secara teratur sehingga Anda dapat melihat pola di sekitar item mana yang selalu menipis.

Laporan Kinerja Produk - Seberapa cepat penjualan barang? Produk mana yang menghasilkan uang paling banyak? Pertanyaan semacam itu dapat dijawab oleh laporan kinerja produk Anda. Idealnya, laporan ini harus memberi tahu Anda berapa banyak barang dagangan yang telah Anda jual selama periode waktu tertentu serta ringkasan barang yang dijual per bulan atau per minggu. Gunakan laporan kinerja produk untuk menentukan item mana yang layak diinvestasikan dan mana yang tidak boleh dipesan ulang.

Ringkasan Penjualan - Laporan ini memberi Anda gambaran umum penjualan Anda untuk jangka waktu tertentu. Laporan penjualan Anda juga harus menunjukkan harga pokok penjualan, laba kotor, margin, dan pajak, sehingga Anda dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang sebenarnya akan dikembalikan ke bisnis Anda.

Laporan Penjualan Per Produk dan Jenis Produk - Jenis laporan ini memudahkan untuk mengidentifikasi produk penjualan terbaik Anda (dan terburuk), sehingga Anda dapat menentukan tindakan yang tepat. Jika suatu produk tertentu

turboly.com