Penerapan Software ERP untuk Manajemen Gudang Spareparts

image

Penerapan manajemen gudang sparepart bertujuan untuk menjamin ketersediaan sparepart pada saat diperlukan sehingga kelancaran proses perbaikan peralatan dapat berjalan dengan baik. Implementasi Software ERP menjadikan proses manajemen gudang sparepart berjalan dengan baik dan teratur.

Software ERP akan mengintegrasikan bagian penjualan/ service dengan bagian gudang dan pembelian. Permintaan pengadaan sparepart berasal dari user penjualan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam implementasinya staff gudang sparepart berfungsi menjaga ketersediaan barang / sparepart yang akan diperlukan untuk dijual kepada konsumen. Software ERP yang memiliki manajemen gudang yang baik memiliki fitur alokasi tempat untuk memberikan informasi secara detail/ rinci dimana sparepart ditempatkan berdasarkan fast/ slow moving, merek, fungsi atau ukurannya. Selain itu perlu didukung layout gudang sparepart yang terdiri dari beberapa rak besi atau gondola. Penempatan sparepart fast moving ada di gondola paling dekat pintu keluar. Keseluruhan sparepart dikelompokan dengan berdasarkan spesi kasi dan peruntukannya. Penataan gudang sparepart dibuat serapi mungkin untuk memudahkan pencarian sparepart yang diminta user serta untuk memudahkan penyimpanan.Sehingga akan memudahkan staff gudang untuk mengetahui secara akurat total persediaan yang dimiliki.

Selain membantu staff gudang untuk mengontrol persediaan spareparts, Software ERP memiliki fitur Stock opname yang digunakan secara periodik minimal sebulan sekali yang terintegrasi dengan modul finance & accounting sebagai cost control untuk audit sparepart. Biasanya bagian cost control secara random mengambil contoh sparepart dan memeriksa lalu lintas transaksi stock untuk sparepart tersebut. Jika ditemukan adanya ketidak sesuaian antara jumlah aktual yang tersimpan di rak gudang sparepart dengan database yang dibuat dan dilaporkan, maka cost control berwenang untuk melakukan penyesuaian dan investigasi.

Efektifkah penerapan Software ERP untuk manajemen gudang?

Jawabannya iya, namun meski menggunakan Software ERP untuk manajemen gudang, tetap diperlukan tim yang capable untuk mendukung implementasi ini berjalan dengan baik dan efektif. Tim dibagi menjadi beberapa posisi mulai dari kepala gudang hingga administrasi. Dengan sinergi antar tim dan didukung dengan Software ERP yang baik maka penerapan manajemen gudang spareparts akan menjadi sangat efektif dan dapat mengeliminir kemungkinan kerugian atas kerusakan atau kekurangan barang.

turboly.com