Tunai VS Non Tunai

image

Uang tunai menjadi salah satu alat transaksi yang masih menjadi pilhan pelanggan. Meski kini sudah timbul kebiasaan memilih transaksi non tunai untuk berbagai transaksi, tapi uang tunai tetap diperlukan untuk membayar sesuatu yang nominalnya kecil.

Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang mulai nyaman dengan uang non tunai. Kebanyakan merasa lebih nyaman bertransaksi menggunakan alat transaksi non tunai, baik kartu debit maupun kartu kredit. Alasannya, apalagi kalau bukan soal keamanan dan kemudahan penggunaannya.

Dengan mulai banyaknya transaksi non tunai, apakah toko Anda sudah siap untuk melayani non tunai? Apakah Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan jika transaksi tunai dan non tunai :

Transaksi Tunai :

  1. Lebih mudah bertransaksi

Belum banyaknya toko yang menerima transaksi non tunai menjadi satu hambatan mengapa transaksi non tunai masih belum menjadi trend. Selain itu permasalahan infrastruktur jaringan internet yang menyebabkan terganggunya transaksi non tunai. Makanya mengapa masih banyak transaksi di toko menggunakan tunai atau cash keras.

  1. Tidak ada Potongan

Sebagai pemilik toko, tentunya Anda tidak ingin pembayaran yang Anda terima kurang dari nilai transaksi. Ya, masalah lain yeng menghambat ngetrend-nya transaksi non tunai adalah nilai potongan dari bank jika transaksi menggunakan kartu kredit. Dibandingkan dengan cash/ tunai uang yang kita terima utuh tanpa potongan tentunya akan mebuat lebih nyaman.

  1. Risiko kriminalitas

Meski begitu, uang tunai juga memiliki risiko lho salah satunya adalah rawan tindak kejahatan. Ya, membawa uang tunai dalam jumlah banyak bisa mengundang niat jahat bila diketahui orang asing.

Transaksi Non Tunai :

  1. Transaksi lebih cepat

Sejujurnya melakukan transaksi menggunakan non tunai itu dapat mempersingkat waktu dalam melakukan pembayaran. Selain tidak perlu menghitung duit saat akan melakukan pembayaran, Sebagai pemilik toko juga tidak perlu repot melakukan penyetoran tunai ke bank, karena otomatis uang yang diterima akan masuk ke rekening.

  1. Lebih aman dan transparan

Keuntungan lainnya dari non tunai adalah lebih aman dan transparan. Ya, setiap jenis transaksi mulai dari jam, informasi pelanggan, hingga status transaksi akan dengan mudah terlacak.

  1. Tidak makan tempat

Berbeda dengan uang tunai yang akan banyak memakan space di laci toko, non tunai justru hanya butuh space kecil untuk menyediakan EDC mesin.

Nah, itu dia plus minus transaksi uang tunai dan non tunai yang perlu Anda pemilik toko ketahui. Jadi, sudah siapkan Anda?

turboly.com