4 Cara Mengelola Keuangan Bagi Usaha Kecil

image

Mempertahankan biaya tetap rendah, meningkatkan pendapatan dan mengumpulkan uang merupakan resep dasar untuk menjalankan UKM menuju kesuksesan. Tetapi bagaimana bisa menurunkan biaya dan menekannya? Pemasukan akan membutuhkan waktu untuk dibangun dan biaya adalah risiko yang tidak dapat ditunda. Berikut adalah beberapa ide bisnis untuk cara menghemat uang.

Biaya Tetap

Biaya tetap dalam UKM meliputi, seperti sewa kantor. Berapa pun jumlah pendapatan perusahaan, berapapun nilai penjualan biaya sewa tetap harus dibayarkan. Perlu dipertimbangkan beberapa faktor. Apakah Anda memerlukan tempat yang wah untuk perusahaan Anda? Jika tidak, bisa dicoba untuk memulai dari rumah? Menghemat biaya dan ingat beberapa perusahaan besar memulainya hanya dari garasi kecil dirumah.

Tips 1:

Saat ini ada banyak pilihan biaya rendah lainnya seperti kantor virtual. Menyewa alamat kantor yang menarik di mana sebagian besar admin dilakukan untuk Anda oleh penyedia layanan adalah cara yang bagus untuk memulai.

Biaya Variabel

Biaya yang bervariasi dengan tingkat output Anda termasuk gaji dan biaya operasional dan produksi. Biaya ini dapat meningkat, kadang dengan cepat, seiring skala bisnis perusahaan.

Tips 2:

Gunakan freelancer saat memulai. Jika itu berhasil, maka teruskan. Tidak perlu memiliki head count tinggi yang tidak perlu untuk SME Anda. Lihatlah angka ketika bisnis Anda tumbuh. Mendefinisikan pendapatan yang dihasilkan oleh setiap anggota staf adalah cara yang baik untuk menganalisis biaya. Jika satu atau dua anggota staf menghasilkan setengah dari penghasilan Anda, maka lihat apakah Anda membutuhkan lebih banyak staf. Jika Anda dapat membiarkan orang berjalan dengan baik tanpa memengaruhi budaya perusahaan, maka ini dapat membantu menghemat biaya variabel. Hadiahi pemain berkinerja tinggi sambil mengembangkan karyawan berpotensi besar

Tips 3:

Menjalankan bisnis harus didukung dengan teknologi yang tepat. Menggunakan Software ERP wajib bagi UKM yang mulai berkembang. Pilihlah Software ERP berbasis cloud yang memberikan jasanya melalui biaya bulanan / berlangganan sesuai dengan skala bisnis perusahaan. Dengan Software ERP berbasis cloud, perusahaan tetap mendapatkan manfaat maksimal tanpa perlu investasi tinggi karena diserap dalam bentuk biaya bulanan.

Biaya Lain-lain

Cobalah menganggarkan sejumlah kecil uang untuk iuran keanggotaan dengan organisasi jaringan pengusaha ritel. Tetapkan tujuan bisnis untuk partisipasi Anda dalam organisasi ini untuk memaksimalkan nilai perusahaan serta dapat menciptakan peluang-peluang baru.

Biaya Tersembunyi

Biaya ini perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi Piutang yang tidak tertagih. Ketika memulai bisnis baru yang mengejar target penjualan, UKM biasanya belum memiliki belum cukup berani “tegas” untuk menghadapi pelanggan yang “nakal”. Oleh sebab itu diperlukan alokasi untuk biaya-biaya tersembunyi agar jika benar-benar diperlukan tidak menggangu cashflow secara keseluruhan.

Tips 4:

Selalu memiliki cadangan aset lancar yang sehat untuk mendukung operasional perusahaan. Tetapkan ketentuan pembayaran dengan pelanggan. Tambahkan penalti jika perlu. Gunakan intuisi untuk menghindari pelanggan yang membayar buruk.

Melihat cara untuk menghemat uang dalam usaha kecil, pertama-tama lihat bagaimana membuat ide bisnis kecil yang efektif. Buat strategi bisnis yang akan membantu menghemat lebih banyak uang. Kemudian buat strategi pengurangan biaya yang realistis dan cobalah berbagai cara untuk menghemat uang.

turboly.com