Bagaimana memilih software Inventory POS?

image

Setiap bisnis membutuhkan keakuratan data, baik itu penjualan, persediaan hingga keuangan. Salah satu yang paling rentan terjadi “human error” adalah persediaan / inventory. Menjaga penghitungan inventory yang akurat sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Software POS Inventory dapat membantu bisnis tetap berada di tingkat stok aman. Maka dari itu, pemilihan solusi software POS Inventory harus menjadi prioritas.

Bagaimana perangkat lunak POS membantu inventory?

Software POS yang menyertakan fitur untuk melacak inventory akan memberikan kenyamanan bagi operasional bisnis. Software POS Inventory memberikan informasi kepada seluruh bagian mulai dari pemilik hingga staff mendapatkan informasi terkait persediaan yang akurat dan transparan secara real-time. Software POS Inventory akan menghemat waktu dan dpat memberikan informasi segera kepada konsumen tentang ketersediaan barang.

Sistem POS dengan inventory secara otomatis akan mengurangi item dari jumlah total persediaan terjual, membantu staff penjualan mengidentifikasi item mana yang paling “best seller” dibandingkan item lainnya. Ini bisa sangat membantu bagian logistik untuk memutuskan item mana yang wajib di stok dalam periode waktu tertentu, mana yang tidak perlu. Hal ini secara langsung akan menghindarkan dari kerugian akibat salah stok item barang.

Apa yang harus dicari dalam Software POS Inventory?

Sebelum memulai menentukan software POS Inventory, penting agar dipahami dengan benar dan jelas mengenai apa kebutuhan dan tujuan bisnis serta kondisinya. Keputusan harus dibuat berdasarkan apa yang dipahami bukan atas dasar ikut-ikutan atau trend. Pemilik juga harus menyadari bagaimana bisnis mereka dapat beroperasi di masa depan, mengevaluasi bagaimana mereka ingin perusahaan berkembang versus ekspektasi dan perkiraan yang ditetapkan oleh kondisi operasi saat ini.

Satu hal yang sering terlewat dalam pemilihan Software POS Inventory adalah kebutuhan akan hardware dan jaringan. Jangan sampai hardware dan jaringan menjadi “hidden cost” yang cukup menggangu. Tidak berarti pedagang kecil terbatas pada Software POS paling murah. Sistem POS adalah investasi penting bagi bisnis untuk membuat dan pilihan tidak boleh dianggap enteng. Cara terbaik untuk menemukan sistem yang secara khusus sesuai dengan industri spesifik bisnis. Sebuah toko grosir, misalnya, memiliki kebutuhan penjualan yang berbeda dari kontraktor, yang pada gilirannya memiliki kebutuhan yang berbeda dari retail fashion. Toko bahan makanan membutuhkan sistem yang dapat menghitung harga berdasarkan berat (seperti produk) sementara kontraktor membutuhkan solusi yang terintegrasi dengan pesanan kerja, dan pengecer pakaian harus dapat melacak penjualan berbagai pakaian jadi.

Sistem POS adalah alat yang sangat berharga untuk membantu bisnis mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penjualan dan meningkatkan keakuratan jumlah persediaan. Setiap bisnis harus mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini dan yang diantisipasi.

turboly.com