CLOUD ERP DIBANDINGKAN DENGAN ERP ON-PREMISE

image

Ketika mulai mempertimbangkan sistem ERP untuk bisnis Anda, kemungkinan Anda dihadapkan dengan berbagai pilihan. Ketika Anda mempertimbangkan pilihan Anda, salah satu keputusan paling penting yang perlu Anda buat adalah apakah akan memilih solusi ERP berbasis cloud atau yang dipasang secara lokal (on premise)

Perbedaan mendasar antara ERP on-premise dan cloud ERP jelas: Solusi ERP on-premise dipasang secara lokal pada server perusahaan Anda dan kemudian dikelola oleh staf TI Anda sementara cloud ERP — juga disebut SaaS, atau Software-as-a-service — disediakan sebagai layanan. Dengan jenis penyebaran ini, Software ERP perusahaan dan data terkait dikelola secara terpusat (di Internet “cloud”) oleh vendor ERP dan diakses oleh pelanggan menggunakan browser web.

Apa yang mungkin tidak begitu jelas adalah bahwa jenis model penyebaran ERP yang Anda pilih dapat memiliki dampak yang signifikan di seluruh bisnis Anda. Berikut adalah beberapa faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika mempertimbangkan apakah akan menggunakan software ERP berbasis lokasi atau cloud.

Biaya Kepemilikan

Sistem ERP on-premise biasanya membutuhkan investasi besar di muka dan berkelanjutan untuk membeli dan mengelola software dan perangkat keras terkait, server, dan fasilitas yang diperlukan untuk menjalankannya. Jika perusahaan Anda tidak memiliki staf TI yang besar atau berpengalaman, Anda mungkin juga harus menginvestasikan lebih banyak waktu dan uang untuk personel tambahan dan melatih mereka. Yang lebih penting lagi, sistem on-premise mengharuskan tim TI Anda menghabiskan banyak waktu dan anggaran mereka untuk memastikan sistem Anda berjalan ketika dibutuhkan, termasuk pemeliharaan hardware server, ruang server, dan banyak lagi. Ketika tiba saatnya untuk meningkatkan sistem ERP Anda, IT harus kemudian menggunakan kembali sistem tersebut di berbagai komputer pengguna dan mengimplementasikan kembali berbagai penyesuaian dan integrasi yang dipasang bisnis Anda pada software Anda sebelumnya.

Untuk ERP berbasis cloud, biaya awal biasanya jauh lebih rendah karena Anda hanya mengimplementasikan software sesuai kebutuhan Anda dan kemudian mengaksesnya melalui koneksi internet komputer Anda. Penyedia cloud ERP menyelenggarakan dan memelihara semua infrastruktur TI untuk Anda, memastikan sistem selalu berjalan, bahwa data aman, dan bahwa peningkatan produk diluncurkan tanpa rasa sakit ke solusi Anda tanpa melanggar kustomisasi yang telah Anda implementasikan sebelumnya. Pada akhirnya, ini semua memungkinkan sumber daya IT Anda untuk fokus pada inovasi dan membantu menumbuhkan bisnis lebih efektif, daripada menghabiskan waktu mereka yang tidak proporsional untuk mempertahankan dan mengelola sistem di tempat Anda. Cloud ERP juga menawarkan model berlangganan yang dapat diprediksi dan dibayar sesuai kebutuhan yang dapat membuat pengelolaan dan perencanaan arus kas menjadi lebih mudah.

Seiring waktu, penghematan IT bertambah. Ketika membandingkan total biaya kepemilikan solusi ERP di lokasi relatif terhadap sistem cloud, satu studi analis industri menemukan bahwa ERP berbasis cloud dapat menelan biaya 50 persen lebih rendah daripada ERP di tempat untuk perusahaan dengan 100 karyawan selama periode empat tahun.

Peningkatan dan Peningkatan Sistem

software ERP di tempat dapat dikustomisasi, tetapi penyesuaian itu terkait dengan penyebaran software Anda saat ini dan tidak mudah untuk diimplementasikan kembali dengan versi yang akan datang. Ketika penyedia ERP Anda merilis pembaruan dan peningkatan produk baru, kustomisasi Anda yang sebelumnya diterapkan akan dihapus ketika Anda meningkatkan dan tim IT Anda harus mulai menyesuaikan dari awal lagi. Itulah alasan utama banyak perusahaan hanya menghindari memperbarui software ERP di tempat mereka dan hanya puas menjalankan bisnis mereka dengan teknologi yang sudah ketinggalan zaman. Faktanya, dua pertiga dari bisnis skala menengah menjalankan versi lama dari software ERP mereka. 2

Sebaliknya, solusi cloud ERP seperti Turboly terus ditingkatkan oleh penyedia sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda selalu menggunakan versi terbaru, paling canggih dari software ERP Anda. Karena platform cloud, aplikasi cloud terdepan saat ini dibangun, kustomisasi dan integrasi Anda yang sebelumnya diterapkan secara otomatis dijalankan ketika solusi diperbarui tanpa investasi tambahan.

Peningkatan Kinerja dan Aksesibilitas Sistem

Cloud ERP seringkali memberikan kinerja yang lebih baik daripada solusi di tempat. Arsitektur software cloud dirancang dari bawah ke atas untuk kinerja jaringan maksimum, yang dapat berarti ketersediaan aplikasi yang lebih baik daripada sistem ERP tradisional di tempat. ERP berbasis cloud juga menawarkan kinerja yang dioptimalkan yang dapat beradaptasi dengan kebutuhan Anda. Jika ada lonjakan dalam bisnis Anda, cloud ERP secara otomatis menyesuaikan dan secara dinamis menyediakan sumber daya tambahan untuk menangani lonjakan.

turboly.com