Lebih baik Sistem ERP dibandingkan hanya Sistem akuntansi? Part 1

image

Banyak perusahaan kecil dan menengah mungkin berpikir bahwa inilah saatnya untuk meningkatkan sistem TI bisnis mereka, tetapi mereka tidak yakin apakah mereka siap untuk melanjutkan dan mengimplementasikan solusi Sistem ERP lengkap, atau apakah hanya menggunakan software Sistem Akuntansi. Di sini, kami menjelaskan perbedaan dan berupaya membantu Anda memutuskan mana dari dua yang Anda butuhkan.

Apa bedanya?

Seperti namanya, sistem akuntansi hanya menangani fungsi bisnis akuntansi. Software Enterprise Resource Planning (ERP) menangani seluruh jajaran fungsi bisnis yang meliputi area fungsional seperti akuntansi dan keuangan, persediaan, HR & payroll, Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM), dan pembelian, hingga penjualan.

Software akuntansi atau software ERP: Mana yang harus Anda pilih?

Ketika memutuskan apakah akan mengimplementasikan software ERP atau software akuntansi dalam bisnis Anda, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

Berapa banyak sistem berbeda yang harus Anda kelola?

Jika Anda membeli software akuntansi, apakah Anda akan menggunakan software terpisah untuk mengelola prospek, pelanggan, pembelian dan software lain untuk mengelola stok Anda, dan satu lagi untuk mengelola proyek Anda?

Pikirkan tentang berapa banyak sistem terpisah yang perlu dikontrol. Salah satu kelemahan terbesar dari memiliki banyak sistem di bisnis Anda adalah bahwa manajemen TI yang akan cukup repot untuk mengelola semuanya. Sementara Anda mungkin dapat mengintegrasikan beberapa solusi yang berbeda ini sehingga mereka saling memberi informasi, Anda masih tetap mengelola beberapa sistem secara bersamaan. Dan ketika berbagai sistem front-back-end berjalan secara terpisah, itu dapat mendatangkan malapetaka pada proses yang dimaksudkan untuk memastikan perusahaan Anda berjalan dengan lancar.

Jika Anda yakin bahwa Anda akan mengelola beberapa solusi titik serta software akuntansi Anda, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan berinvestasi dalam sistem ERP.

Software ERP mengintegrasikan sistem-sistem ini sehingga setiap fungsi bisnis bergantung pada satu basis data. Ini berarti Anda hanya memiliki satu sistem yang perlu dikhawatirkan. Dan dengan hanya satu sumber informasi, staf Anda memiliki akses yang lebih mudah ke data dan upaya duplikasi karenanya berkurang.

Apakah Anda merencanakan pertumbuhan bisnis?

Jika Anda merencanakan pertumbuhan, maka masuk akal bagi Anda untuk mempertimbangkan software ERP. Apakah Anda berisiko berinvestasi dalam software akuntansi , hanya untuk menggantikan mereka semua dengan ERP tiga tahun ke depan?

Sementara banyak sistem akuntansi yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah, namun disaat volumen penjualan semakin tinggi dan pertumbuhan bisnis yang mulai menanjak akan mulai kerepotan. Jadi jika Anda memilih sistem akuntansi sekarang dan Anda mencapai pertumbuhan, maka ingatlah bahwa Anda dapat melampaui kemampuan sistem dan harus meningkatkan ke solusi ERP yang lebih kaya fitur di kemudian hari.

turboly.com