Tips Mendapatkan Barang

image

Kesuksesan dari bisnis retail sangat ditentukan dari kemampuan mengelola persediaan dengan baik. Hal ini tentunya tidak dapat hanya bergantung pada 1 bagian saja melainkan harus melibatkan beberapa bagian di perusahaan logistic, merchandising, dan strategi marketing. Namun, semua itu akan sia-sia jika kita tidak memiliki supplier yang bisa diandalakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dalam dunia retail, setidaknya ada beberapa opsi untuk mendapatkan supplier, antara lain :

Wholesale

Pembelian dalam partai besar, biasanya di awal supplier akan meminta membayar penuh dimuka dan setelah itu jika kita memiliki track record yang baik maka tak jarang supplier akan memberikan tempo pembayaran. Kuncinya adalah di awal saat bekerjasama dengan supplier, mungkin akan diperlukan sedikit “modal”, namun jika perkiraan penjualan tepat dan sesuai target maka seharusnya hal ini tidak menjadi masalah. Meskipun begitu, dengan pembelian secara partai besar kita bisa memiliki berbagai keuntungan, seperti : margin yang lebih besar, persediaan yang aman.

Konsinyasi

Konsinyasi berarti kita menerima titipan barang dari suppliers untuk kita jual istilahnya titip jual. Cara ini adalah solusi bagi retailer yang memiliki modal “cekak” atau ketika kita ingin menjual barang jenis baru namun belum yakin dengan proyeksi penjualannya bagi pasar konsumen yang kita punya. Cara penjualan konsinyasi ini memiliki keuntungan biaya yang rendah karena kita tidak perlu melakukan pembayaran diawal, dan jika barang tidak laku terjual kita bisa mengembalikannya kepada supplier (purchase return).

Dropship

Dropshipping adalah cara yang sedang “booming” seiring dengan meningkatnya penjualan berbasis online (ecommerce). Dropshipping sebuah retail fulfillment method yang dimana kita tidak perlu menyimpan barang yang akan kita jual. Karena kita hanya sebagai “perantara” penjualan barang milik pihak ketiga. Apakah ini tetap disebut retail? Iya, hanya perbedaanya dengan konsep Dropshipping kita tidak perlu menyimpan barang. Dropshipping memiliki keuntungan kita tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali, baik itu untuk penyimpanan barang, kepemilikan barang, dsb.

3 point diatas merupakan cara mendapatkan barang untuk usaha retail. Intinya sebagai pengusaha retail kita tidak boleh berlebihan, alangkah baiknya jika kita bisa mencoba mengkobinasikan ketiga tips diatas.

turboly.com