4 TIPS MENJADI USER ADMIN SISTEM ERP

image

Seorang Sistem Admin diperusahaan memiliki peran aktif dan penting dalam implementasi sistem ERP, hal ini bisa sangat menyenangkan. Motivasi dan antusias adalah karakteristik penting dari User Admin, tetapi tetap saja itu akan tetap menjadi tugas yang sulit. Bagi banyak karyawan, peran User Admin akan menjadi pengalaman baru, karena mereka akan menerapkan sistem ERP paling banyak hanya beberapa kali selama karir aktif mereka. Karenanya beberapa tips untuk menjadi User Admin

1. TANGGUNG JAWAB

Selama implementasi User Admin akan banyak berdiskusi dengan konsultan Sistem ERP. Mereka memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana Sistem ERP akan diimplementasikan di perusahaan, mereka mengenal Sistem ERP dengan sangat baik dan mereka memiliki pengalaman luas dalam mengimplementasikan Sistem ERP di perusahaan sejenis. Nah, menjadi User Admin harus bekerjasama dengan baik dengan mereka karena User Admin memiliki pengetahuan mengenai internal perusahaan dan bertanggung jawab atas keberhasilan implementasi Sistem ERP di setiap bagian perusahaan. User Admin harus mampu menyerap semua ilmu dari konsultan Sistem ERP

2. MEMBUAT DOKUMENTASI KERJA

Sebagai User Admin, selama implementasi Sistem ERP wajib mendokumentasikan setiap proses dengan detail dan hati-hati, jangan ragu untuk memberikan ide dan masukan. Selain itu User Admin wajib bisa mendokumentasikan seluruh proses Sistem ERP di setiap departement. Karena dokumentasi tersebut akan menjadi panduan bagi para pengguna Sistem ERP di perusahaan.

3. SELALU EVALUASI PROSES

User Admin wajib mengetahui setiap latar belakang proses yang dibuat di Sistem ERP. Konsultan Sistem ERP akan selalu membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan konsisten. Jadi, sebagai User Admin harus selalu berpikiran terbuka, kadang kala implementasi Sistem ERP akan merubah “kebiasaan” pengguna yang sudah bertahun-tahun selama langkah tersebut untuk mendukung kesuksesan perusahaan seorang User Admin wajib menyebarkan dan memberikan pemahaman kepada semua pihak.

4. MEMBERI NILAI TAMBAH

Implementasi Sistem ERP baru adalah peluang sempurna untuk mengoptimalkan proses bisnis. Selalu berfikir untuk pembaruan dan menghasilkan nilai tambah. Seorang User Admin harus bisa memberikan nilai tambah Sistem ERP terhadap bisnis di perusahaan.

Baca Juga : 5 TANTANGAN DALAM PROSES IMPLEMENTASI ERP

turboly.com