Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif

image

Mengetahui kondisi keuangan bisnis adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa bisnis Anda berada dalam kondisi yang baik atau tidak. Jika Anda memahami setiap masalah keuangan akan menghindarkan Anda dari potensi kerugian finansial yang tak terduga dan memiliki cukup modal untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis Anda. Bagaimanakah cara mengelola keuangan bisnis secara efektif?

Pertama, pelajari tentang berbagai aspek keuangan. Coba belajar membaca laporan keuangan. Laporan keuangan adalah clue yang akan memberi tahu Anda semua tentang kondisi bisnis Anda bukan hanya bicara mengenai laba rugi melainkan juga mengenai piutang, hutang, dan posisi kas dan setara kas yang Anda miliki.

Buat Budget Secara Rutin

Budgeting merupakan salah satu hal paling penting dalam mengatur keuangan usaha. Dengan menyusun budgeting, Anda akan membuat estimasi untuk membantu membatasi pengeluaran sesuai dengan angka yang ditetapkan.

Selalu lakukan budgeting setiap bulannya, karena kondisi dan kebutuhan pastinya akan berbeda pada setiap bulan.

Lihat Kembali Pemasukan dan Pengeluaran

Tinjau semua biaya pemasukan dan pengeluaran di satu tempat, besar ataupun kecil. Saat ada masalah keuangan yang tak terduga, Anda pun dapat mengeceknya disana, sehingga Anda tidak akan bingung kemana uang bisnis Anda pergi.

Buat Pembukuan

Lakukan pembukuan, catat semua aktivitas keuangan sesegera mungkin setelah melakukan pengeluaran. Berikan waktu maksimal dalam pembayaran tagihan. Misal dalam 7 hari, semua tagihan harus dibayarkan untuk memastikan tidak lupa ataupun hilang.

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Perusahaan

Pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha Anda. Dengan memisahan rekening, Anda lebih mudah mengukur pertumbuhan bisnis. Cara paling mudah adalah membuka rekening giro baru yang ditujukan khusus untuk bisnis.

Menjalankan bisnis akan terlihat mudah jika Anda dibantu oleh Sistem ERP untuk memantau seluruh ativitas bisnis Anda. Jangan biarkan bisnis stagnan karena pengelolaan uang yang buruk.

turboly.com