Jenis sistem POS untuk usaha Ritel

image

Banyak jenis Sistem POS apa yang tersedia untuk usaha ritel dan bagaimana memilih yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut adalah jenis umum sistem POS untuk pengecer. Baca deskripsi di bawah ini dan lihat apa yang terbaik untuk bisnis Anda.

Sistem POS desktop

Sistem POS desktop berjalan di komputer atau laptop, baik di browser Anda, aplikasi desktop, atau sistem di tempat. Anda dapat menghubungkan lampiran seperti scanner barcode, EDC/ Card Reader, dan cash register, sehingga dapat berfungsi seperti mesin kasir biasa.

Sistem POS Desktop paling baik digunakan di toko-toko ritel yang memiliki transaksi tunai dimana kasir menjadi pusat dari kegiatan pembayaran. Sistem POS Desktop memiliki fitur spesifik dapat bervariasi dari satu platform ke platform berikutnya, sebagian besar sistem POS modern akan memiliki fitur berikut:

  • Inventory Management: POS dan Inventory Management System biasanya menjadi satu kesatuan. Setiap transaksi penjualan, Sistem POS akan secara otomatis memperbarui level stok sehingga jumlah stok akan diketahui setiap saat.

  • Pelaporan dan analitik: Idealnya, Sistem POS memiliki kemampuan untuk menghasilkan laporan penjualan, persediaan, pelanggan, dan banyak lagi. Memiliki data secara real-time akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih terinformasi seputar pengendalian stok, pemasaran, logistik, dan lain sebagainya.

  • Email Receipt: Pelanggan dapat menerima tanda terima pembayaran mereka melalui email, yang mengarah pada cara tanpa kertas untuk bertransaksi dengan mereka.

  • CRM: Saat bertransaksi dengan bisnis ritel, data pelanggan akan tersimpan secara lengkap mulai profile hingga kebiasaan belanja mereka.

  • Loyality Program: Sistem POS juga dapat memungkinkan Anda untuk memantau program loyalitas pelanggan juga. Ini menawarkan manfaat mengirim email ucapan selamat ulang tahun, melacak poin loyalitas pelanggan dan mengirim penawaran promosi, yang semuanya menciptakan pengalaman belanja ritel yang lebih baik, yang mengarah pada retensi pelanggan yang lebih tinggi.

Sistem POS seluler

Sistem POS seluler atau ‘mPOS’ adalah ketika smartphone, tablet, atau perangkat seluler lainnya bertindak sebagai pusat penjualan dimana Software POS dijalankan. Berkembangkan teknologi memungkikan mPOS dapat melakukan banyak hal saat ini : mulai dari Sistem Kasir, card reader, scanner barcode/ QR. Salah satu keuntungan terbesar dari sistem mPOS adalah mereka sangat portabel dan memungkinkan Anda untuk dengan cepat meningkatkan penjualan di tempat.

Karena solusi ini tidak memakan terlalu banyak ruang, sistem POS seluler populer di toko ritel kecil dan toko ritel yang memiliki mobilitas tunggi serta toko ritel yang ingin menciptakan pengalaman personal dengan pelangganya. Meskipun belum semua vendor Sistem POS menciptakan mPOS namun mPOS perlu dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan toko ritel.

turboly.com