MEMAKSIMALKAN SISTEM POS SELAMA MUSIM LIBURAN

image

Sistem point-of-sale (POS) merupakan alat bantu yang sangat penting untuk setiap bisnis ritel. Sistem POS adalah sistem manajemen ritel yang lengkap yang menyediakan data dan laporan analisis penjualan barang, tingkat persediaan, dan laporan kas. Dengan kata lain, sistem POS memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan penjualan.

Sistem POS terbaik dapat membantu penjualan dan banyak hal lain selama musim liburan seperti saat ini :

Mengetahui Berapa Jumlah Stok Tersedia

Setiap sistem POS harus mencakup manajemen persediaan. Sistem POS yang baik akan memberikan laporan berapa tingkat stok di gudang secara realtime, memberikan laporan analisa penjualan berdasarkan pada produk mana yang laris manis, di lokasi mana, dan pada waktu apa. Jadi, kita dapat dapat mempersiapkan diri untuk musim liburan dengan memeriksa item mana yang terjual dengan baik dalam beberapa bulan terakhir atau yang biasanya terjual dengan baik selama musim belanja liburan Ramadhan saat ini. Moment Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk fokus memaksimalkan sistem POS Anda

Mengatur Program dan Loyalitas Pelanggan

Sistem POS terbaik mengintegrasikan program loyalitas pelanggan, fitur yang dapat sangat berguna selama musim belanja liburan yang sibuk. Sistem POS akan menyimpan informasi tentang pelanggan yang ada dan historis pembelian mereka, jadi kita bisa mulai untuk menerapkan strategi reward apa yang akan kita berikan kepada pelanggan kita. Program loyalitas pelanggan sangat mudah diatur di Sistem POS. Terapkan program berbasis poin berdasarkan pembelian mereka dan pastikan mereka menjadi member di toko dan berikan informasi mengenai benefit yang kita tawarkan.

Mengatur Staff Penjualan

Sistem manajemen karyawan telah menjadi bagian integral dari Sistem POS. Terutama selama periode yang sibuk. Sistem POS memungkinkan kita menetapkan target penjualan bagi staff penjualan atau toko secara keseluruhan. Dengan ini kita bisa memantau siapa saja atau toko mana saja yang bisa mencapai target penjualan mana yang tidak. Dengan menggunakan informasi ini, kita dapat membuat keputusan yang lebih banyak informasi tentang tenaga penjualan mana yang harus berada di toko selama jam sibuk, yang akan lebih baik digunakan pada waktu yang lebih lambat, dan mana yang membutuhkan lebih banyak pelatihan.

Jual di Toko atau Online

Saat ini bisnis ritel tidak hanya bergantung pada penjualan offline di toko saja, melainkan juga membutuhkan solusi penjualan melalui channel lain : online channel misalnya. Sistem POS saat ini khususnya yang berbasis cloud akan memudahkan kita untuk menjual di banyak saluran dengan mengintegrasikan penjualan di dalam toko (offline), marketplace atau website ecommerce kita sendiri. Dengan Sistem POS berbasis cloud sebenarnya sangat membantu kita untuk mengembangkan toko online sendiri karena kemudahan integrasi antara Sistem POS dan platform ecommerce atau marketplace.

turboly.com