Persiapan Menghadapi Lonjakan Penjualan di Bulan Ramadhan

image

Momen Bulan Ramadhan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk atau bahkan membuka peluang baru bagi setiap retailer. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi lonjakan penjualan atau permintaan barang dari konsumen :

1. Pastikan Persediaan Barang Selalu Tersedia

Peningkatan penjualan akan dipengaruhi oleh tingkat persediaan, jika tingkat persediaan tidak mencukupi jumlah permintaan maka akan terjadi loss sales atau kehilangan penjualan. Perhatikan trend penjualan di tahun lalu, dan tentukan proyeksi penjualan di tahun ini. Pastikan jumlah stock yang tersedia sesuai dengan proyeksi penjualan Anda.

Jika Anda masih bergantung pada supplier, pastikan bahwa supplier Anda memiliki kapasitas untuk melayani lonjakan permintaan selama Ramadhan. Tidak ada salahnya untuk mencari alternatif supplier lain, jika memang supplier Anda saat ini kurang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

2. Iklan Ramadhan

Saat permintaan meningkat, maka adalah saat yang tepat untuk meningkatkan penjualan Anda. Untuk mendukung target penjualan, jangan ragu untuk memasang iklan baik di social media, atau secara offline dengan menyebarkan brosur. Manfaat dari beriklan supaya agar dapat menjangkau customer lebih banyak lagi.

3. Berikan Paket Promosi

Diskon atau paket promo merupakan salah satu cara efektif untuk membuat orang tertarik untuk datang ke toko Anda. Siapkan paket diskon menarik seperti buy one get one, atau produk bundling. Selain dapat meningkatkan penjualan, paket promo yang ditawarkan juga bisa mempercepat pergerakan barang di toko/ gudang. Untuk promo yang berlaku selama Bulan Ramadhan Anda dapat menggunakan Sistem Point of Sale untuk membantu setup promo sehingga staff penjualan Anda tidak perlu pusing untuk menentukan harga.

4. Persiapkan Staff Anda

Di saat seperti ini, siapkan stamina dan fisik staff toko juga sangat penting. Karena staff Anda yang akan membantu dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Juga bekali staff di toko dengan alat untuk membantu mereka dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, misalya Sistem Posin of Sale (POS). Dengan Sistem POS proses kerja mereka akan menjadi lebih efektif, karena dengan cepat akan mengetahui sisa stock, mengetahui barang apa saja yang sedang promo atau juga akan mempermudah mereka dalam melacak pembayaran konsumen.

turboly.com