5 Cara Mencegah Kehilangan Barang di Gudang Selama Liburan

image

Persediaan bak sebuah “nyawa” bagi usaha ritel. Selain itu, salah satu indikator perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu mengelola persediaannya dengan baik. Tidak berlebih namun selalu bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Namun, masalahnya semakin besar perusahaan biasanya semakin sulit dalam mengelola persediaan. Salah satu kesulitan adalah memastikan apakah jumlah stok yang dimiliki benar-benar akurat atau tidak. Selain itu resiko yang akan dihadapi adalah kehilangan barang di gudang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi risiko kehilangan barang di gudang :

1. Tunjuk Kepala Gudang

Kepala gudang adalah orang yang bertanggung jawab terhadap persediaan dan mengerti setiap barang lebih dari pemiliknya sendiri. Kepala gudang akan memberikan laporan terkait persediaan, seperti jumlah stok yang dimiliki, pergerakan barang. Kepala gudang juga bertanggung jawab atas tingkat keamanan gudang.

2. Pasang CCTV & Pendingin Ruangan

Memasang CCTV di beberapa titik rawan merupakan cara pencegahan kehilangan barang di gudang. Selain itu juga tidak ada salahnya untuk beberapa bagian juga dipasang pendingin ruangan untuk mencegah barang rusak akibar suhu yang tidak stabil.

3. Pasang Barcode & Bin Card

Barcode adalah teknologi sederhana yang memudahkan untuk melacak persediaan. Selain itu, pastikan di setiap produk memiliki bin card yang diupdate secara manual sebagai pencatatan pergerakan barang. Ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan seluruh stok tercatat dengan baik sehingga mengurangi risiko kehilangan persediaan.

4. Atur Layout di Gudang

Pengaturan layout gudang yang baik akan menentukan keamanan dari persediaan itu sendiri. Tempatkan barang-barang yang fast moving di posisi termudah dijangkau dan tempatkan barang-barang yang nilainya tinggi ditempat yang khusus dengan tingkat pengamanan atau otorisasi pengambilan barang pada kepala gudang.

5. Sistem Inventory

Cara terbaik untuk menjaga persediaan adalah menyederhanakan prosesnya. Dengan mengimplementasikan Sistem Inventory proses pengelolaan persediaan akan lebih mudah. Data persediaan akan lebih akurat, mulai dari stock level, movement hingga history persediaan akan dapat dengan mudah didapatkan. Sistem Inventory juga sudah menyediakan barcode sehingga bisa semakin mempercepat pencarian dan pelacakan barang.

turboly.com