CARA MINIMALKAN SISA STOK SETELAH PEAK SEASON

image

Masa liburan seperti Ramadhan - Idul Fitri merupakan musim puncak atau peak season bagi industri ritel, masa itu adalah masa masih semua peritel untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Untuk mengejar target penjualan, peritel biasanya menambahkan persediaan barang untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pelanggan. Namun setelah masa sibuk tersebut berakhir, tak arang menimbulkan masalah baru dimana terjadi penumpukan stok untuk barang yang tidak laku terjual hingga saat masa peak season usai.

Hal ini merupakan siklus tahunan yang jika tidak diperhitungkan dengan cermat dapat menimbulkan kerugian, alhasil masa peak season peritel tidak mendapatkan keuntungan yang signifikan karena keuntungan yang didapatkan digunakan untuk menutup kerugian atas overstock tersebut. Nah, berikut adalah tips untuk meminimalkan sisa stok setelah peak season :

Apa yang mereka lakukan? Berikut ulasannya

Tips 1 : Cermat Menentukan Produk

Cermat dalam menentukan barang apa yang akan ditambah ketika mendekati musim liburan adalah wajib hukumnya. Sesuaikan dengan event liburan yang terjadi, jangan sampai salah menentukan produk. Sesuaikan dengan waktu, musim dan event yang akan dihadapi.

Tips 2 : Cermat Dalam Menentukan Promo

Diskon adalah salah satu strategi andalan ketika peak season. Buatlah diskon atau promo produk yang menarik, kombinasikan antara produk utama dengan produk tambahan (bisa stock lama). Jangan ragu untuk membuat beberapa diskon / promo sekaligus.

Tips 3 : Membuat Perkiraan Penjualan

Peritel harus cermat dalam membuat perkiraan penjualan saat peak season. Untuk mendapatkan perkiraan yang akurat peritel bisa menggunakan data pembanding dari data historis penjualan yang sama di musim sebelumnya. Jika sudah memiliki solusi Sistem Point of Sale (POS) maka peritel akan dengan mudah menganalisa data atas penjualan dari musim sebelumnya (tahun lalu). Berdasarkan data tersebut peritel akan dengan mudah menentukan target penjualan di musim sekarang dengan data yang akurat. Kesalahan umum peritel ketika peak season adalah tidak membuat perkiraan penjualan dengan tepat yang hasil melakukan penambahan stok besar-besaran terhadap produk musiman, bukan pada jenis produk yang selalu dibutuhkan.

Kesimpulannya, peritel harus cermat dan pandai dalam menentukan target penjualan saat peak season. Sehingga dapat meminimalisir kelebihan stok saat peak season berakhir. Jika belum menggunakan Solusi SIstem Point of Sale (POS) saat ini, alangkah lebih baik untuk mulai mempertimbangkannya, mengingat Sistem POS merupakan salah satu kunci pengelolaan persediaan.

turboly.com