5 Langkah Dalam Meningkatkan Penjualan Online

image

Banyak yang bilang industri retail sedang lesu. Hal ini diperkuat dengan penutupan beberapa gerai retail beberapa waktu belakangan. Daya beli masyarakat yang rendah menjadi ancaman para pengusaha ritel. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi bisnis online atau e-commerce. Penjualan produk di berbagi marketplace online atau e-commerce tumbuh secara positif dan cenderung naik. Hal ini bisa terjadi dikarenakan pola konsumsi masyarakat yang mulai berubah. Kemudahan dalam berbelanja yang ditawarkan berbagai e-commerce di Indonesia menjadikan konsumen tak perlu repot-repot lagi mendatangi gerai atau toko retail. Sebagai pelaku industri ritel, mungkin kita bisa mulai mempertimbangkan untuk masuk ke pasar online. Lalu, bagaimana langkah-langkah agar toko online ramai diminati konsumen?

1. Kualitas Produk

Salah satu kekurangan dari berbelanja online adalah customer tidak dapat melihat secara langsung bagaimana kualitas produk yang akan dibeli. Sebagai gantinya, sangat baik jika kita dapat memberikan secara detail bagaimana deskripsi dan gambar produk yang dijual, serta memastikan bahwasanya kualitas produk yang jual sesuai dengan yang akan mereka terima sebenarnya. Hal ini dilakukan, untuk menghindari kekecewaan customer setelah menerima produk yang pelanggan beli.

2. Lakukan Strategi Promosi

Untuk mengenalkan toko online, sebaiknya gunakan strategi promosi yang tepat dan sesuai. Strategi digital marketing adalah salah satu cara yang tepat dilakukan untuk mengenalkan dan memasarkan produk secara online.

3. Buat Limited Produk

Banyak pemilik toko online yang melakukan strategi ini untuk lebih menarik minat konsumen. Produk yang dijual secara terbatas biasanya membuat customer merasa bahwa produk tersebut memiliki keunikan tersendiri. Hal ini juga dapat berpengaruh agar para customer untuk segera melakukan transaksi pembelian, karena jika mereka tidak melakukan transaksi saat ini juga maka produk yang akan mereka beli akan habis dalam waktu dekat.

4. Berikan Giveaway Dengan menggunakan platform media sosial, membuat giveaway untuk pengikut akun media sosial toko online sedang menjadi trend dalam hari-hari terakhir ini. Misalnya dengan me-repost unggahan akun toko online kita, mereka berhak mendapatkan reward misalnya : ongkos kirim gratis, atau berkesempatan mendapat produk secara cuma-cuma. Hal ini bisa membuat toko online yang kita kembangkan lebih dikenal di media sosial.

5. Gunakan Sistem Point of Sale (POS)

Sistem Point of Sale (POS) tidak hanya diperlukan untuk toko offline saja. Toko online pun akan sangat terbantu dengan Sistem Point of Sale (POS), apalagi dengan Sistem Point of Sale (POS) berbasis cloud. Sistem POS berbasis cloud akan dengan mudah terintegrasi dengan marketplace ataupun website ecommerce yang kita miliki sehingga semua transaksi penjualan mulai dari terima order hingga pengiriman sampai sinkronisasi data persediaan akan secara otomatis dilakukan. Hemat waktu, tenaga dan aman karena meminimalisir proses manual.

turboly.com