Pentingnya Menggunakan Software ERP di Tahun 2019

image

Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan yang ingin mengelola fungsi bisnis mereka dalam sistem yang terpusat dan terintegrasi. Sistem ERP biasanya digunakan oleh perusahaan yang bekerja end-to-end untuk membantu melacak pertumbuhan semua bagian mulai dari manufaktur, perakitan, distribusi, sales. Sistem ERP akan menyimpan dan memproses semua data yang diinput kedalam sistem dengan single entry concept. Hasilnya, memungkinkan semua departemen bekerja dengan informasi yang sama. Selain itu, semua data ini dapat diolah, dianalisis, dan dibuat menjadi laporan.

Pentingnya Menggunakan Software ERP Software ERP dapat digunakan untuk mengelola berbagai fungsi bisnis. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Software ERP tentunya akan memudahkan kegiatan dan fungsi bisnis. Berikut adalah alasan pentingnya penggunaan Software ERP yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan:

1. Lebih Hemat & Efisien

Dengan menerapkan Software ERP, data dapat dikelola dalam satu tempat. Dari pengembangan produk hingga penjualan, staf di setiap departement dapat mengakses data-data yang diperlukan untuk pekerjaan mereka dari satu sistem terpusat. Dengan Software ERP sebagai sistem tunggal operasional maka waktu kerja akan lebih lebih efisien dan menghemat sumber daya manusia.

2. Analisa data yang Lebih Baik

Basis data pusat informasi juga membantu meningkatkan analitik dan laporan yang dihasilkan. Karena Software ERP dapat mencatat dan menyimpan semua data yang diinput oleh semua pengguna. Selama software ERP yang digunakan memiliki fungsionalitas yang baik dan sesuai dengan karakteristik bisnis kita, Software ERP akan mempercepat kinerja tim untuk menghasilkan berbagai laporan dengan lebih akurat.

3. Peningkatan Produktivitas

Pekerjaan manual seperti membuat laporan, memantau persediaan, dan memproses pesanan hingga mencari data historis akan menghabiskan banyak waktu. Selain menyita waktu, proses tersebut rawan dengan human error. Jika kita bisa memilih software ERP yang tepat, maka Software ERP dapat mengotomatiskan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Basis data dalam software ERP akan meminimalisir pekerjaan yang berlebihan seperti entri data dan memungkinkan sistem untuk melakukan perhitungan lanjutan dalam waktu yang cepat. Dengan software ERP meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan profitabilitas perusahaan.

Baca Juga : 5 TANTANGAN DALAM PROSES IMPLEMENTASI ERP

turboly.com