5 Kesalahan Retailer Dalam Mendapatkan Pelanggan

Sebagai retailer kita tahu bahwa aset terpenting dalam bisnis ritel adalah basis pelanggan. Bisnis tidak akan berjalan tanpa pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk berkembang adalah dengan mendorong loyalitas pelanggan.

Akan lebih menyenangkan ketika kita dapat menjual lebih banyak kepada pelanggan lama dibandingkan kepada pelanggan baru. Jadi, jangan sampai melakukan kesalahan - kesalahan dibawah ini jika tidak ingin pelanggan berpindah

Harga melebihi kualitas

Jualah produk dengan harga wajar. Keuntungan memang penting untuk menjaga bisnis tetap berjalan, tetapi jangan sampai kita mengorbankan pelanggan setia. Jika memang kita merasa produk kita bisa dihargai lebih tinggi namun kemampuan rata-rata pelanggan setia kita tidak memenuhi syarat, maka saatnya mempertimbangkan untuk mengedukasi mereka bahwa harga termurah juga bukan yang terbaik. Jangan ragu untuk menyampaikan pelanggan bahwa produk itu murah dan kualitasnya tidak akan bertahan lama, karena mereka akan tahu setelah membeli.

Operasional Toko

Jangan sampai proses operasional di toko kita tidak terorganisir, ada 4 point utama yang perlu diperhatikan dalam operasional di toko :

  • Layanan
  • Persediaan barang
  • Komunikasi pelanggan
  • Tampilan

Target sederhana adalah, ketika seorang pelanggan sudah masuk ke dalam toko, pastikan perjalanan mereka berakhir di meja kasir. Oleh karena itu, selalu berikan layanan terbaik bagi mereka, pastikan persediaan barang selalu siap, jangan lupa berikan informasi sebesar-besarnya dan sejujur-jujurnya dan yang terakhir dan cukup penting adalah pastikan tampilan di toko kita selalu menarik dan nyaman.

Pengabaian Karyawan

Karyawan adalah aset, jangan sampai kita abai akan kesejahteraan dan kenyamanan karyawan di toko kita. Jadi, hal yang paling tabu adalah ketika kita menempatkan karyawan di suatu tempat tanpa diawali dengan pelatihan yang cukup. Karena hal ini juga akan berpengaruh kepada komunikasi pelanggan. Dengan kemampuan karyawan yang baik maka mereka akan bisa memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan. Ingat, tujuan kita adalah meja kasir.

Tidak Mau Berubah

Retailer yang baik akan selalu terbuka akan setiap perubahan. Ya perubahan yang harus diimbangi dengan kebutuhan dan kemampuan. Coba sesekali liat kompetitor kita, lihat apa yang mereka kerjakan, tidak ada salahnya kita memodifikasi hal-hal positif yang mereka lakukan. Selain itu, retailer “jadul” biasanya anti teknologi. Jangan sampai toko kita tertinggal dalam sisi teknologi, tuntutan pelanggan dewasa ini adalah pelayanan yang singkat dan akurat. Jangan sampai kita terjebak akan nostalgia budaya masa lalu. Salah satu contoh perubahan adalah menggunakan Sistem Point of Sale (POS) untuk membantu proses operasi bisnis di toko menjadi efisien.

www.turboly.com