Jangan Asal Memilih Sistem POS

image

Dengan adanya Sistem Point Of Sales (POS) saat ini, kita semakin mudah untuk memahami bagaimana keadaan bisnis kita saat ini. Mengetahui proses mana yang efektif mana yang tidak serta mempercepat pelayanan kepada customer. Berikut adalah 7 hal yang harus dihindari dalam memilih Sistem POS, yaitu:

Tidak Mempunyai Referensi

Cari referensi dari Sistem POS yang akan kita pilih. Kita bisa menanyakan kualitas dan kemampua Sistem POS yang akan dipilih dari kolega atau bahkan mengintai kompetitor, minta referensi dari mereka terkait kemampuan, kemudaan, dan layanan purna jualnya.

Mengabaikan Kredibilitas Vendor

Cari tahu profil perusahaan vendor Sistem POS yang akan kita pilih, cari tahu dimana kantornya, berapa total staff bandingkan dengan total pengguna mereka. Pilihlah vendor yang berpengalaman membantu perusahaan yang sama dengan kebutuhan kita.

Kurang Pelatihan

Umumnya pengguna hanya mendapat pelatihan ketika akan mengunakan Sistem POS saja. Cari tahu berapa jatah pelatihan yang kita dapatkan, coba bandingkan dengan kemampuan karyawan kita, tidak ada salahnya kita berinvestasi meminta tambahan pelatihan untuk hasil yang lebih maksimal, karena pelatihan adalah kuncil sukses implementasi Sistem POS.

Hemat

Membeli Sistem POS tidak sama dengan membeli sebuah perangkat, karena itu jangan sepelekan harga sebuah Sistem POS, jangan terpikat dengan harga murah karena Sistem POS lebih menawarkan sesuatu yang akan kita rasakan jangka panjang bukan kepuasan mata.

Menganggap sama semua Sistem POS

Tidak semua system POS sama antara satu dengan yang lainnya, dalam bisnis industri terutama retail mempunyai spesifkasi sendiri untuk mendukung system POSnya. Oleh karena itu kenali tipe POS yang akan Anda gunakan sebelum memutuskan untuk membelinya

Tidak memiliki sistem inventory yang mumpuni

Sistem POS tanpa inventory? Bagaikan kita berjalan satu kaki, pincang. Ya secanggih apapun Sistem POS tapi tidak memiliki kontrol inventory sama saja kita hanya membeli penampilan tanpa kemampuan. Sistem POS yang memiliki sistem inventory didalamnya memungkinkan dapat melihat data penjualan dan tren persediaan pada laporan yang dihasilkan sistem.

Hal-hal tersebut merupakan hal-hal kecil tetapi dapat menghambat keberlangsungan perusahaan kedepannya, oleh karena itu periksa secara detail kebutuhan sebelum menentukan Sistem POS yang akan kita gunakan.

turboly.com