5 Perilaku Inventory Management Yang Harus Dilakukan

Efektifitas Inventory Management dapat ditingkatkan dengan menerapkan beberapa perilaku yang baik secara konsisten. Berikut adalah 5 perilaku yang bisa diterapkan secara kosisten untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan pergerakan inventory yang sempurna :

Membuat Promosi Sesuai Tingkat Persediaan

Seringkali ada level stok yang sedikit terlalu tidak proporsional, tapi stok level yang tinggi juga tidak baik, hal ini bisa menyebabkan masalah untuk tingkat persediaan. Salah satu solusi untuk menentukan pergerakan adalah dengan menerapkan promosi. Biasakan menerapkan promosi yang tepat meskipun kecil sekalipun. Bagian inventory dapat mengambil langkah merekomendasikan kepada tim sales untuk membuat promosi atas produk-produk yang memiliki level stok yang tinggi untuk mengurangi kerugian.

Buat Forecasting & Analisa Trend

Apa yang terjadi di industri dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis? Lakukan review secara reguler tren sosial dan kondisi ekonomi. Ini adalah kebiasaan yang sangat berguna yang dapat membantu memanfaatkan gerakan sosial atau mengambil keuntungan dari perubahan penawaran dan permintaan yang sangat spesifik.

Lakukan Stock Opname Secara Reguler

Meskipun Software Inventory sudah sangat akurat mencatat pergerakan barang, namun perhitungan fisik juga tetap diperlukan untuk menganalisa tingkat persediaan secara aktual. Pastikan angkanya cocok dan masuk akal. Selalu ada faktor kesalahan manusia yang mungkin saja menimbulkan perbedaan antara stok fisik dan secara sistem.

Lakukan Analisa Penjualan

Informasi lebih berharga daripada tebakan terbaik. Biasanya menentukan proses pengambilan keputusan. Analisis penjualan dari Sistem POS akan sangat membantu mendapatkan informasi analisa dengan hal-hal seperti pembaruan stok harian, penyebab stok rendah, peningkatan tak terduga dalam penjualan produk tertentu, dan banyak lagi.

Review Kualitas Persediaan

Biasakan meninjau masa simpan produk sebelum habis masa berlakunya atau menurunkan penjualan. Banyak usaha kecil akan menghapus produk yang buruk begitu sudah kadaluwarsa. Padahal jika hal ini dapat dikontrol dengan baik, maka dapat meningkatkan penjualan.

www.turboly.com