Penting Buat Bisnis, Begini Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

image

Loyalitas pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis. Salah penyumbang keberhasilan sebuah bisnis adalah loyalitas pelanggan. Karena mereka telah menjaga keberlangsungan bisnis dengan cara terus menggunakan produk yang kita tawarkan.

Loyalitas bisa dimaksudkan sebagai sebuah perilaku konsumen yang ditunjukkan melalui kegiatan membeli secara terus menerus atau dalam jangka waktu tertentu. Kehadiran satu pembeli saja yang loyal akan membuat usaha semakin berkembang dan bertahan lama. Jadi, bayangkan bagaimana usaha kita jika kita memiliki banyak pelanggan yang loyal.

Tantangannya adalah bagaimana membuat pelanggan kita tetap loyal dengan semakin banyaknya kompetitor? Diperlukan beberapa trik dan inovasi. Sesuatu yang membuat mereka kecanduan dengan produk kita. Ingin pelanggan kecanduan dengan produk kita? Ikuti tips berikut :

1. Produk Berkualitas

Apapun jenis bisnisnya, entah itu bidang barang maupun jasa harus berkualitas. Jika kualitas yang kita tawarkan standart atau biasa-biasa saja akan kecil kemungkinan konsumen akan loyal. Memang selera orang beda-beda tapi ada baiknya kita melakukan test pasar atas produk yang akan kita jual, bisa kita coba ke orang terdekat dulu dan mintalah saran dari mereka. Mana yang terbaik? Tergantung kita menangkap masukan dari mereka.

2. Ramah

Salah satu cara yang bikin pelanggan loyal terhadap sebuah bisnis adalah pelayanannya yang baik. Jadi sebagai pebisnis, usahakan untuk selalu bersikap ramah terhadap pelanggan yang membeli produkmu. Ramah harus kepada semua baik yang hanya mampir ke toko dan tidak membelanjakan uangnya dan juga kepada yang komplen. Selalu siapkan solusi atas semua kemungkinan masalah yang terjadi.

3. Berikan reward

Semua orang senang dapat reward atau hadiah. Apalagi kalau hadiahnya berupa potongan harga atau barang. Trik ini cukup ampuh untuk mendongkrak penjualan. Bisa coba terapkan dengan kartu member atau program loyalitas pelanggan. Berikan point atas setiap pembelanjaan mereka dan sebagai imbalannya point tersebut bisa digunakan untuk penukaran hadiah atau potongan belanja (diskon). Dengan cara seperti ini dijamin loyalitas pelanggan bakalan terbangun. Karena cara seperti ini telah meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan produk dalam jangka waktu yang panjang.

4. Bangun kedekatan personal dengan pelanggan

Bangunlah kedekatan personal dengan pelangga melalui media sosial maupun email/ sms atau appaun manfaatkan semua platform yang sesuai dengan karakeristik pelanggan kita.

5. Selalu berinovasi

Selain untuk meningkatkan keragaman produk, berinovasi ternyata juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Tapi inovasi yang kita berikan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan atau tren yang sedang berlangsung saat ini.

Kesimpulan dari tips diatas adalah kepuasan dan kepercayaan. Gunakan POS Software yang bisa mendukung program lotality point. Turboly menawarkan fitur loyality point yang pasti bisa berguna untuk mendongkrak loyalitas pelanggan kita. Kunjungi websitenya untuk informasi lebih lanjut.

turboly.com