Meningkatkan Penjualan Melalui Event

image

Dalam dunia ritel, penjualan face to face akan selalu menjadi sesuatu yang menarik baik dari sisi penjual dan juga pembeli. Bagaimanapun, mengunjungi toko adalah kesempatan untuk berbagi momen bahagia sambil membantu membangun loyalitas pelanggan. Pengalaman-pengalaman ini harus terjadi kapan saja tidak hanya saat pelanggan berkunjung ke toko, tetapi juga bisa melalui strategi pemasaran lainnya untuk dapat dapat meningkatkan reputasi dan mendapatkan penjualan ke konsumen baru misalnya event atau pameran.

Bagaimana cara agar pelanggan tertarik untuk mengunjungi tempat kita saat sedang pameran atau event khusus? Perhatikan lima ide di bawah ini :

1. Pilih Lokasi, design & kampanye

Saat ini, konsumen diberikan banyak pilihan merek dan jenis barang ketika berkunjung ke pameran atau bazaar. Ingat lokasi akan sangat menentukan, booth harus berada di lokasi yang strategis misalnya di pintu utama atau di persimpangan dan siapkan design booth yang menarik, hal ini bisa memotivasi pelanggan untuk datang berkunjung.

Untuk membantu mencapai hal ini, rencanakan strategi ini jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan lokasi yang strategis dan selalu ada konsekuensinya biasanya penyelenggara akan membebani dengan biaya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tempat yang lokasinya “biasa”. Selain itu mulai kampanyekan partisipasi kita di acara tersebut melalui media sosial, email atau secara lisan kepada pelanggan. Berikan promo menarik atau hadiah untuk setiap pelanggan yang mengunjungi booth kita.

2. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Ingin benar-benar menarik perhatian pelanggan? Dengarkan mereka.

Ajak pelanggan lebih aktif dalam memberikan masukan dan keinginan mereka tentang konsep apa yang akan kita gunakan saat pameran, mendengarkan ide pelanggan adalah cara yang menarik sekaligus cara pendekatan yang efektif. Banyak cara berkomunikasi yang dapat dicoba, bisa secara lisan, survey online atau melalui media sosial. Akan ada banyak ide yang bisa kita dapat, dan jangan abaikan mereka mintalah mereka menyampaikan ide kreatif dan sebagai imbalannya kita bisa berikan hadiah berupa gift voucher atau barang yang spesial dan jadikan mereka tamu VIP.

3. Terapkan konsep terbuka

Biarkan pelanggan atau pengunjung melihat semua apa yang kita tawarkan. Terapkan konsep booth yang terbuka dan “eye catching”. Hilangkan pikiran untuk membuat dinding sekat yang akan menghalangi pandangan pengunjung, susunlah display barang sesuai tema yang kita inginkan serta tempatkan produk utama sebagai pusat perhatian. Hal ini akan sangat efktif khususnya untuk pengunjung yang belum menjadi pelanggan, hal ini akan sangat berguna untuk menarik mereka masuk.

4. Libatkan semua indera

Dari tampilan yang menarik secara visual, hingga display stock yang mendorong mereka untuk ingin menyentuh dan terlibat dengan produk, hingga musik latar yang halus atau berani yang sesuai dengan getaran pengalaman di booth kita, hingga aroma khas yang seiring waktu mengingatkan pelanggan secara khusus tentang di booth kita, hingga tawarkan snack atau minuman khas yang bisa membuat pengunjung mengalami pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi booth kita.

5. Gunakan Data

Sementara strategi langsung untuk melibatkan pelanggan selalu dapat menambah nilai bagi bisnis. Namun, interaksi manusia saja belum tentu dapat meningkatkan penjualan ritel. Oleh karena itu diperlukan dukungan teknologi yang bisa dikombinasikan dengan interaksi pelanggan untuk mencapai itu. Kita bisa memanfaatkan Point of Sale (POS) Software Online sebagai alat bantu saat pameran atau bazaar berlangsung, melalui POS Software Online kita bisa mencatat setiap aktivitas transaksi mulai dari penjualan, pergerakan barang, pembayaran hingga data “behaviour” pelanggan kita yang bisa kita gunakan lagi di masa depan untuk memperkuat basis pasar dan bisa meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Akhirnya, pastikan untuk secara teratur mengkampanyekan partisipasi kita dalam suatu acara seperti pameran, bazaar ataupun sejenisnya. Dalam model usaha ritel partisipasi dalam acara seperti itu akan bisa meningkatkan “awareness” customer dan memperkuat merek kita. Selain itu dukungan POS Software sangat penting selama partisipasi kita, selain untuk mencatat penjualan POS Software Online juga bisa digunakan sebagai alat kontrol pergerakan inventory baik dari gudang ke outlet pameran atau sebaliknya. Gunakan POS Software online karena bisa dinamis digunakan dalam multiple device yang ringkas.

Baca juga :SISTEM POS, TEMAN TERBAIK BISNIS ANDA

turboly.com