Mengenal Laporan Keuangan Konsolodasi

image

Laporan Keuangan Konsolidasi adalah sebuah laporan keuangan yang memberikan informasi posisi keuangan dan operasional untuk induk perusahaan yang merupakan gabungan perusahaan induk dan anak perusahaannya. Dalam laporan keuangan konsolidasi menggabungkan semuanya seakan merupakan satu perusahaan.

Laporan keuangan konsolidasi sangat penting jika salah satu perusahaan memiliki kontrol terhadap perusahaan lain (anak perusahaan) dan di sisi lain laporan keuangan konsolidasi tidak diperlukan jika masing-masing perusahaan berdiri sendiri dan tidak ada perusahaan yang memiliki kontrol atas yang lainnya (mandiri).

Fungsi Laporan Keuangan Konsolidasi : memberikan gambaran atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan yang terdiri atas sejumlah perusahaan yang berkaitan, dimana laporan konsolidasi keuangan tidak boleh memberikan informasi yang keliru sehingga meninmbulkan kesalahan pemahaman para stakeholder.

Dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi, laporan keuangan perusahaan induk dan anak perusahaan digabungkan satu persatu dengan menjumlahkan masing-masing akun (COA) sejenis mulai dari asset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan beban. Agar laporan keuangan konsolidasi dapat menyajikan informasi keuangan dari kelompok perusahaan tersebut sebagai satu kesatuan ekonomi, maka perlu dilakukan langkah-langkah berikut:

  • Transaksi dan saldo inter-company account antara induk perusahaan dan anak perusahaan harus direkonsiliasi.
  • Keuntungan dan kerugian yang belum diakui, yang timbul dari transaksi antara perusahaan induk dan anak perusahaan harus direkonsiliasi.
  • Periode pelaporan keuangan antara induk dan anak perusahaan harus sama.
  • Laporan keuangan konsolidasi disusun dengan menggunakan kebijakan dan metode akuntansi yang sama atau sejenis.

Cloud ERP Turboly membantu perusahaan menyajikan Laporan Keuangan Konsolidasi dengan mudah dan akurat.

Baca Juga : MANFAAT LAPORAN KEUANGAN BAGI PERUSAHAAN

turboly.com