Lacak Produk dengan Nomor Serial dan Batch

image

Melacak inventory secara akurat membutuhkan lebih dari sekadar penghitungan stok. Banyak produk dapat memiliki batch, atau nomor serial yang melekat padanya dan membuatnya sama penting dalam untuk memonitor level inventory.

Batch dan nomor serial dilacak melalui proses penerimaan, penyimpanan, pengiriman ke toko ritel cabang, dan sampai ke penjualan. Dalam artikel ini, kami coba enggali apa sebenarnya nomor - nomor ini dan bagaimana Anda dapat melacaknya secara efektif.

Apa nomor batch?

Kita ambil contoh kosmetik. Satu kosmetik lipstik mengandung kandungan yang sama, tetapi dibuat pada waktu atau tempat yang berbeda, sehingga memiliki jumlah batch yang berbeda. Tetapi istilah “nomor batch” atau kode produksi dapat digunakan secara bergantian. Nomor batch digunakan ketika sebuah produk diproduksi dalam jumlah besar, dengan bahan baku atau bahan baku yang sama, dan pada saat yang sama. Anda akan menemukan banyak atau nomor batch yang biasa digunakan dalam industri makanan, otomotif dan farmasi, dan sebagainya.

Fungsi nomor batch yang paling penting adalah untuk pelacakan. Jika suatu hari ditemukan masalah dengan suatu produk, produsen dapat dengan cepat untuk menarik kembali produk berdasarkan nomor batch. Selain itu juga, sebagai konsumen jika Anda akhirnya memiliki masalah dengan produk, Anda dapat melaporkannya ke produsen dengan nomor batch.

Melacak nomor batch

Jika Anda membeli produk yang memiliki nomor batch untuk stok di toko, pencatatan nomor batch akan dimulai saat proses purchase delivery atau penerimaan. Pencatatan berapa banyak unit yang diterima, serta nomor batch yang ada di produk. Dalam proses penyimpanan, Anda dapat menyimpan produk dikelompokan berdasarkan nomor batch yang sama. Akan lebih mudah jika sistem inventory dapat mencatat nomor batch secara langsung.

Apa yang ada di nomor serial?

Nomor serial hampir mirip fungsinya dengan nomor batch. Kita ambil contoh laptop, sebuah laptop ini memiliki model yang sama, tetapi masing-masing memiliki nomor serial yang unik.

Sementara nomor batch mengacu pada sekelompok produk yang identik, nomor serial membantu mengidentifikasi unit individual dari suatu produk. Dengan kata lain, mereka lebih spesifik daripada nomor batch. Dengan kata lain, nomor serial membuat produk menjadi unik sehingga Anda dapat membedakan satu unit dari yang lain. Nomor serial juga dapat digunakan untuk penarikan kembali, tetapi nomor itu juga berguna untuk kelayakan layanan. Permintaan garansi dan perbaikan sering membutuhkan pengiriman nomor serial sebelum layanan disetujui, dan nomor serial akan membantu mengidentifikasi tanggal pembelian (karena biasanya termasuk dalam faktur).

Nomor serial juga dapat berisi lebih banyak informasi tentang produk. Pengkodean dapat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, tetapi Anda biasanya dapat menggunakan nomor serial produk untuk mengidentifikasi nomor modelnya, tanggal pembuatan, dan bahkan kode tempat produk itu dibuat.

Melacak nomor serial

Jika Anda menjual produk dengan serial, Anda akan membutuhkan tingkat ketelitian ekstra dalam pelacakan inventory Anda. Ketika Anda menerima produk Anda, Anda harus mencatat berapa banyak unit yang Anda terima, serta nomor serial yang ditetapkan untuk masing-masing unit.

Nomor serial ini juga akan dicatat pada setiap transfer stok ke lokasi lain, dan pada setiap penjualan atau pengembalian (return). Untuk memudahkan dalam pencatatan, nomor serial biasanya dicetak dalam bentuk barcode yang dapat di pindai/ scan dengan bantuan scanner barcode. Melacak nomor serial menggunakan cara manual (excel) sangatlah kompleks, meskipun ini tetap dapat bekerja tapi juga memiliki resiko kesalahan yang tinggi.

Kami telah merancang Turboly Cloud ERP untuk mempermudah proses ini. Turboly memastikan bahwa nomor serial mengikuti produk serial melalui setiap transfer dan transaksi stok - dari pembelian awal hingga penjualan. Jadi Anda bisa tenang mengetahui bahwa nomor serial Anda sedang dilacak, tetapi tanpa harus menggunakan pencatatan secara manual untuk mengelolanya

Jika Anda ingin menyederhanakan pelacakan nomor serial dan batch, Turboly Cloud ERP dapat membantu!

Baca juga :PELACAKAN NOMOR SERIAL UNTUK TOKO ELEKTRONIK

turboly.com