4 Masalah Umum Manufaktur yang Dapat Diatasi dengan Solusi ERP

image

Integrasi berbagai proses dan bagian seringkali menjadi tonggak penting untuk mengubah perjalanan suatu perusahaan menjadi sukses. Sebagai solusi utama untuk mengintegrasikan dan menyalurkan berbagai proses, Software Enterprise Resource Planning (ERP) sangat penting untuk perusahaan apapun, terutama untuk entitas yang terlibat dalam manufaktur dan perakitan. Perbedaan utama adalah kemampuan software ERP perusahaan untuk merampingkan proses dan dengan demikian mempengaruhi manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Berikut adalah empat masalah pembuatan yang dapat dipecahkan ERP dengan efektif.

Masalah Kepatuhan

Bagi pabrik atau industri manufaktur dan perakitan, merampingkan proses sesuai dengan regulasi daerah dan peraturan sangat penting. Sekalipun produknya mungkin sama, peraturannya dapat berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Setiap negara dapat menawarkan serangkaian peraturan dan regulasi berbeda yang wajib diikuti oleh perusahaan. Untuk perusahaan yang beroperasi dari berbagai daerah dan juga terlibat dalam pembuatan lebih dari satu produk, aturan kepatuhan dapat mengedepankan kompleksitas saat beroperasi. Memastikan bahwa semua dokumen kepatuhan disimpan dan dioperasikan dari satu tempat secara otomatis memudahkan kompleksitas. Software ERP paling cocok untuk melakukan tindakan ini dengan cara yang paling efisien.

Perencanaan dan Penjadwalan

Kesalahan manusia yang mungkin terjadi selama penanganan data secara manual akan mengakibatkan penjadwalan yang tidak akurat dan mempengaruhi produktivitas seluruh perusahaan. Intervensi manusia yang terlibat selama pengumpulan data atau rekonsiliasi dapat mengakibatkan kesalahan. Juga, menggunakan sumber daya untuk kegiatan-kegiatan non-produktif ini membawa pengeluaran biaya untuk suatu perusahaan. Sistem ERP menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia dan menghemat biaya dan sumber daya untuk perusahaan. Sistem ERP menyediakan akses ke data yang mencakup tingkat inventory saat ini, perkiraan pengadaan, perkiraan penjualan, yang akan memungkinkan perusahaan untuk merencanakan dan menjadwalkan operasi di masa depan yang menghasilkan hasil terbaik.

Masalah Kualitas

Tidak ada ruang untuk kesalahan dalam hal kualitas produksi. Dalam bidang apapun dari bisnis apapun sebagian besar bergantung pada kualitas yang ditawarkannya. Dalam hal yang lebih luas lagi, mempertahankan kualitas dalam perusahaan manufaktur, pada dasarnya akan mencakup hal-hal seperti pemantauan inventory, produksi, kualitas, batch dan tanggal kedaluwarsa. Sistem ERP memungkinkan produsen untuk secara efektif melacak faktor-faktor ini, sehingga memastikan produk berkualitas tinggi.

Profitabilitas

Pada akhirnya, sebuah bisnis dikategorikan sebagai sukses hanya ketika menghasilkan keuntungan. Biaya operasi terus tumbuh, dan penting bagi produsen untuk menurunkan biaya jauh untuk memaksimalkan keuntungan. Meningkatnya biaya bahan baku dan sumber daya juga tidak membantu kursus. Sistem ERP dapat membantu produsen untuk secara efektif memantau proses dan mengendalikan kerugian. Juga, dengan mengidentifikasi belokan yang salah dalam proses, itu akan menghilangkan kemungkinan penyalahgunaan bahan baku dan sumber daya.

Turboly Cloud ERP untuk manufaktur menghasilkan proses produksi yang mulus, menghitung dan melacak biaya produk dan pekerjaan, dan mencatat semua kegiatan manufaktur untuk memastikan keputusan manufaktur waktu nyata, kualitas teliti, dan peningkatan keluaran pabrik dengan biaya yang dioptimalkan.

Baca Juga : PENGERTIAN & MANFAAT BILL OF MATERIAL (BOM) DALAM INDUSTRI

turboly.com