5 Hal yang Dibutuhkan Saat Setup Sistem POS

image

Menyiapkan Sistem Point of Sale (POS) dengan berbagai manfaat dan fungsinya adalah kebutuhan dasar yang harus dimiliki retailer saat membuka toko. Sistem POS, adalah alat penting dalam bisnis ritel. Seiring perkembangan teknologi, Sistem POS terbaru membutuhkan spesifikasi minimum yang digunakan untuk mendukung pengoperasiannya. Jika spesifikasi minimum tersebut tidak dapat dipenuhi maka bisa mengganggu dalam kinerjanya.

Berikut kami ingin berbagi mengenai kebutuhan apa saja yang diperlukan agar Sistem POS dapat bekerja dengan baik dan menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan bagi pelanggan.

Persyaratan Sistem Minimum untuk menjalankan Sistem POS

Selain kekuatan pemrosesan, yang paling penting saat melakukan setup Sistem POS adalah konektivitas. Untuk Sistem POS berbasis Cloud seperti Turboly Cloud POS minimal akan dibutuhkan kecepatan internet yang disarankan adalah download 1 Mbps dan upload 1 Mbps.

Browser apa yang terbaik untuk POS?

Browser teratas yang direkomendasikan untuk mengelola Sistem POS berbasis cloud adalah Google Chrome dan Safari. Tapi apapun itu, pastikan Anda menggunakan website browser versi terbaru, selain berkaitan dengan kinerja sistem juga akan lebih menjamin keamanan proses transaksi.

Memori & kecepatan apa yang disarankan untuk menjalankan Sistem Point of Sale?

Untuk menjalankan POS, minimal membutuhkan komputer dengan kecepatan CPU 1 GHz atau prosesor yang lebih tinggi, memori Ram 1 GB, dan ruang hard drive 3GB. Cukup minimal bukan? Bagi Anda retailer yang ingin membuka banyak cabang maka sudah dipastikan investasi untuk perangkat ini akan bisa sangat menarik.

Printer apa yang kompatibel dengan Sistem POS?

Sistem POS berbasis cloud biasanya bekerja dengan printer apa pun yang kompatibel dengan semua perangkat keras. Ada juga yang menggunakan All in One PC yang sudah termasuk printer, barcode scanner. Tapi, dengan teknologi internet semakin maju, dewasa ini penggunaan printer semakin berkurang, banyak retailer memilih mengirimkan bukti transaksi melalui email atau aplikasi Whatsapp.

Perlukah Cash Drawer?

Jika ditanyakan hal ini, jawabnya adalah iya. Meskipun saat ini sudah marak transaksi dengan aplikasi pembayaran namun industri retail belum bisa dilepaskan sepenuhnya dari namanya cash. Cash drawer sangat diperlukan untuk keamanan penyimpanan uang yang terintegrasi dengan printer. Cara kerjanya adalah laci cash drawer akan terbuka saat sistem mendeteksi ada bukti transaksi yang dicetak.

Scanner barcode apa yang kompatibel dengan Point of Sales?

Meskipun Anda dapat menggunakan Point of Sales tanpa membutuhkan scanner, proses checkout akan mudah dengan berinvestasi pada scanner barcode yang baik yang dapat diatur ke mode keyboard.

Beberapa informasi diatas adalah berbagai kebutuhan saat ingin melakukan setup awal Sistem POS di toko.

Baca Juga : 5 FUNGSI YANG DILAKUKAN POS

turboly.com