Saatnya Beralih ke Sistem ERP

image

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dewasa ini berkembang dengan signifikan dan mulai terjangkau bagi usaha kelas menengah. Lalu kapan saatnya perusahaan atau usaha kita harus beralih dari pencatatan manual ke sebuah Sistem ERP yang lebih lengkap? Sebelum mulai menjawab pertanyaan tersebut, lihat kembali kedalam aktifitas perusahaan apakah pengambilan keputusan dan arah perusahaan sudah benar? Kedua komponen tersebut merupakan jawaban apakah sudah saatnya merujuk ke Sistem ERP.

Kita sepenuhnya paham dan sadar bahwa perusahaan dapat memperoleh manfaat dari peningkatan efisiensi dan produktivitas. Kita mungkin saat ini sedang mempertimbangkan bahwa harus ada cara yang lebih baik untuk melakukan bisnis untuk menghadapai tantangan perusahaan di masa depan. Selain itu, kita juga pasti tahu ada proses yang tidak produktif, berlebihan, tidak konsisten, atau tidak efisien, serta data tidak lengkap, ketidakmampuan untuk secara menyeluruh dan konsisten memenuhi harapan pelanggan, partner/ investor, dan karyawan. Ada kalanya kita menemukan biaya yang meningkat dalam satu periode tertentu. Setelah memahami dan menemukan itu semua kita akan menyadari bahwa diperlukan suatu perubahan untuk terus bertumbuh, baik itu memperbaiki atau mengubah proses bisnis saat ini.

Sistem ERP dapat membantu untuk memungkinkan pertumbuhan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan merampingkan operasi bisnis, fungsi, dan output, meningkatkan dan meningkatkan produktivitas, dan memperkenalkan cara baru, terintegrasi penuh, dan lebih efisien dalam melakukan bisnis. Berikut adalah beberapa tanda mungkin sudah saatnya untuk menerapkan sistem ERP atau memperbaharui Sistem ERP Anda yang sudah ada.

Tidak memiliki data yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan.

Data yang berkualitas rendah, tidak dapat diakses, tidak lengkap, atau tidak ada berarti bahwa pengambilan keputusan pada dasarnya adalah spekulasi. Tidak hanya pengetahuan Anda tentang bagaimana kinerja perusahaan Anda dikompromikan, tetapi Anda juga kekurangan informasi penting yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan untuk pertumbuhan perusahaan dan mencapai tujuan Anda. Ketidakkonsistenan data sering terjadi karena : Data penting perusahaan tersebar di seluruh individu atau departemen, Proses pengumpulan data tidak ada, atau data diakses pada waktu yang berbeda oleh orang yang berbeda dengan peran berbeda dalam organisasi Anda, karena itu membahayakan integritas dan keandalannya.

Dengan sistem ERP yang tepat, kitaa dapat memusatkan semua data dan merampingkan input dan output data. Semua informasi perusahaan dimasukkan dan diakses secara real-time. Kemampuan real-time ini berarti semua informasi yang dibutuhkan selalu akurat dan terbaru. Kita dapat merasa nyaman mengetahui bahwa jika data ada, sistem ERP dapat membantu menyajikan, memahaminya, dan kemudian menggunakannya untuk merencanakan dan membuat keputusan yang akan menanamkan rasa percaya diri tentang bagaimana perusahaan dapat bergerak maju.

Kurangnya integrasi di seluruh bagian perusahaan.

Tantangan pada perusahaan jika menggunakan banyak sistem secara independen adalah miskomunikasi. Ketika sistem yang ada tidak sepenuhnya terintegrasi atau dirancang untuk saling berkomunikasi satu sama lain, ini dapat menyebabkan keterlambatan yang bisa menjadi sebuah biaya yang mahal, redundansi data, dan menghambat alur kerja. Ketika sistem tidak bekerja bersama-sama, itu menciptakan efek trickle down. Kinerja karyawan juga tidak akan efisien, sehingga dapat berimbas pada pelayanan pelanggan.

Sistem ERP yang tepat berfungsi untuk menyatukan fungsi individual menjadi terintegrasi, mudah diakses, dan mudah dipahami. Sistem ERP menawarkan fleksibilitas dan fungsionalitas yang dapat mengurangi beban pada banyak staf, departemen, dan fungsinya.

Dengan sistem ERP yang tepat, kita dapat memanfaatkan “kesakitan” sebagai bahan bakar untuk mengubah bisnis perusahaan menjadi pembangkit tenaga listrik yang produktif dan menguntungkan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat ERP, memilih ERP yang tepat untuk perusahaan, atau bagaimana mengetahui kapan waktunya untuk implementasi ERP? Kunjungi turboly.com untuk informasi lebih jelasnya.

Baca Juga : 5 TANTANGAN DALAM PROSES IMPLEMENTASI ERP

turboly.com