Membuat Forecast Budget Saat Menghadapi Kejadian Tak Terduga

image

Jika perusahaan tiba-tiba menghadapi keadaan yang tidak menentu seperti saat ini, opsi untuk penundaan peluncuran produk baru atau rencana ekspansi perlu dilakukan serta budget yang tahunan yang sudah disusun tahun sebelumnya menjadi sudah tidak relevan. Saat menghadapi keadaan yang tidak terduga terjadi dan mempengaruhi kinerja perusahaan secara nyata bergerak menurun, maka budget yang sudah tidak lagi memberikan nilai sebagai mana mestinya :

  • Alat kendali biaya
  • Target untuk program kompensasi karyawan
  • Rincian keuangan sasaran strategis perusahaan
  • Rencana keuangan untuk ekspansi perusahaan

Tanda-tanda bahwa budget yang sudah disusun menjadi tidak relevan adalah :

  1. Varians yang cukup besar antara budget pendapatan atau pengeluaran.
  2. Penjualan menurun dan kurang dari target.
  3. Budget tiap divisi tidak tercapai.

Beberapa perusahaan selalu melakukan analisa secara periodik, mulai dari forecasting bulanan, triwulanan atau setengah tahunan yang telah ditentukan, dan ketika hal yang tidak terduga terjadi, opsi menghitung ulang budget. Perusahaan dapat memanfaatkan Software ERP untuk budgeting akan mempercepat dan menghemat waktu dalam revisi budget perusahaan. Dalam penyusunannya, jika revisi budget dilakukan secara sederhana dan tanpa perlu analisa yang kompleks maka tanpa Software ERP pun sebenarnya dapat dilakukan, namun jika manajemen membutuhkan proses revisi dengan analisa mendalam dan menghasilkan nilai revisi yang tepat maka diperlukan suatu alat bantu seperti Software ERP untuk melakukan revisi penyusunan budget.

Proses revisi budget perusahaan akan membutuhkan data dan analisa yang mendalam bukan hanya dari sisi penjualan dan pegeluaran tapi juga diperlukan data historis yang mungkin pernah dihadapi. Proses revisi budget perusahaan dapat diselesaikan dalam hitungan jam bahkan hari yang perlu melibatkan semua divisi di perusahaan. Salah satu keunggulan jika menggunakan Software ERP kita dapat melakukan percobaan dengan beberapa skenario dibandingkan jika dikerjakan manual dengan excel misalnya.

Baca Juga : BAGAIMANA PERUSAHAAN MENENGAH MEMANFAATKAN DATA?

turboly.com