5 Implementasi Inventory Management Terbaik untuk Bengkel

image

Persediaan atau inventory merupakan masalah yang sering ditemui oleh para retailer atau pengusaha ritel apapun jenisnya. Dan pada akhirnya banyak yang membuang waktu dengan mencari solusi terus-menerus tanpa memikirkan dan mencari apa sebenarnya penyebab dari masalah tersebut. Hal inilah juga yang sering kita jumpai termasuk pada pemilik bengkel. Sebenarnya setiap bisnis dapat mengambil manfaat dari inventory management yang sederhana sekalipun untuk merampingkan proses dan tetap menjaga stok tetap terkendali dan memastikan bisnis tetap berjalan dan berjalan dengan sehat.

Berikut adalah 5 implementasi inventory management terbaik yang akan menjaga bisnis bengkel tetap berada di jalur yang benar :

Menerapkan ABC Analysis untuk menentukan Produk Prioritas

Memilah persediaan ke dalam kelompok prioritas dapat membantu memahami apa yang kita butuhkan lebih banyak dan memiliki tujuan yang jelas (volume penjualan atau profit), dan item barang mana yang penting bagi bengkel. Dalam Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) menyediakan fitur ABC Analysis untuk mengelompok-kan produk dalam kategori A, B & C yang pada dasarnya disebut ABC Analysis.

  • Bagian tipe ‘A’ terdiri dari sekitar 80 persen dari semua bagian yang digunakan tetapi menyumbang 20 persen atau kurang dari stok persediaan.
  • Bagian tipe ‘B’ terdiri dari sekitar 25 persen dari penggunaan tetapi menyumbang sekitar 30 persen dari stok persediaan.
  • Bagian tipe ‘C’ terdiri dari sekitar 5 persen penggunaan tetapi merupakan sekitar setengah dari stok persediaan.
  • Grup adalah yang terbesar dan item dalam grup A adalah item lebih “berharga” namun kebutuhan stok-nya relatif lebih sedikit. Barang-barang dalam kategori C adalah barang yang lebih murah dan yang persediaannya fast moving. Produk-produk dalam kelompok B adalah barang-barang yang diberi harga sedang dan keluar lebih lambat daripada barang-barang C tetapi lebih cepat dari barang-barang A.

Fokus pada Stock Level

Cara terbaik untuk mengidentifikasi berapa banyak stok yang dibutuhkan adalah, mempertahankan tingkat stok minimal. Stok minimal adalah jumlah kuantiti persediaan dalam batas aman sebelum menambah stok persediaan lagi. Tingkat kuantiti ini bisa sangat dinamis tergantung dengan kebutuhan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan profitabilitas dalam bisnis. Jangan sampai stok berlebih atau kurang karena salah analisa dan penerapan strategi.

Data Stok Real Time

Untuk melacak semua item persediaan secara efektif, pastikan untuk menyimpan catatan informasi produk yang di toko bengkel baik itu spareparts, oli sampai mur baut. Informasi harus mencakup kode SKU, siapa suppliernya, berapa jumlah stok saat ini dan informasi detail produk lainnya. Selain itu, pastikan secara reguler untuk me-review harga, kebutuhan dan penggunaannya dalam periode tertentu. Jika hal ini bisa dengan disiplin dilakukan maka kita bisa mengantisipasi biaya-biaya variabel yang bisa berubah.

Buat Perkiraan Kebutuhan

Jika kita bisa membuat perkiraan kebutuhan stok secara akurat maka akan diikuti dengan keberhasilan dalam penjualan dan kepuasan pelanggan. Hal ini akan menjadi masalah besar bagi pengusaha bengkel jika tidak bisa membuat perkiraan dengan baik, stok akan kosong dan untuk tidak mengecewakan pelanggan harus mengambil/ membeli barang dulu dengan harga yang mungkin lebih tinggi dan pastinya kepuasan pelanggan akan menurun.

Membuat perkiraan kebutuhan stok secara reguler akan membantu bisnis secara efektif mengelola arus kas dan menjaga kelancaran operasional bengkel. Ada kalanya kita perlu untuk meningkatkan jumlah persediaan sedikit dari biasanya di periode tertentu. Membuat perkiraan kebutuhan stok secara reguler maka secara tidak sadar kita akan memahami kapan perlu memesan produk baru, dan berapa banyak yang akan mereka dapatkan.

Gunakan Sistem Inventory Berbasis Cloud

Otomatiskan proses manajemen inventory dengan memanfaatkan Sistem Inventory. Sistem Inventory yang terhubung dengan Sistem Point of Sale (POS) Bengkel seperti Turboly POS sangat berguna untuk mengontrol dan menyajikan laporan inventory yang akurat. Tanpa proses manual yang rawan akan kesalahan, pemanfaatan kombinasi antara Sistem POS & Sistem Inventory merupakan salah satu implementasi inventory management yang terbaik.

Baca Juga : PENGARUH SOFTWARE INVENTORY TERHADAP PENJUALAN

turboly.com