3 Tips Bisnis untuk Menghadapi Ketidakpastian

Dalam kondisi “setengah” krisis saat ini, zaman tampak suram bagi bisnis kecil dan menengah. Bagi banyak orang, menghentikan sementara operasi bisnis dan menanggung kerugian sepertinya satu-satunya pilihan yang tersedia. Faktanya, sebagian besar bisnis kecil hanya memiliki kemampuan finansial 3-6 bulan dan hampir tidak cukup untuk bertahan dari resesi jika berlangsung berkepanjangan

Namun, masih ada banyak peluang bisnis selama penurunan yang dihasilkan pasar saat keadaan resesi. Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan selama penurunan ekonomi ini.

  1. Tetap Fleksibel

Untuk bisnis yang lebih kecil atau menengah, kekuatan terbesar adalah fleksibilitas dan kemampuan mereka untuk berubah. Dengan lebih sedikit karyawan dan operasi, beralih ke peluang baru jauh lebih mudah daripada perusahaan besar dengan miliaran aset. Meskipun memiliki modal lebih sedikit sepertinya hal yang buruk, itu juga berarti bahwa beralih ke operasi baru atau memperluas bisnis lebih mudah.

  1. Pertimbangkan Biaya

Selain operasi, mengurangi pengeluaran yang tidak penting sangat penting selama resesi. Sementara beberapa biaya digunakan untuk memberikan manfaat, biaya tersebut mungkin membebani perusahaan saat ini. Pertama, pertimbangkan pengeluaran apa yang penting untuk kelangsungan hidup bisnis, dan pastikan bahwa biaya-biaya tersebut layak dikeluarkan.

Membuat laporan arus kas dapat bermanfaat untuk tujuan ini. Laporan arus kas melaporkan uang yang dihasilkan dan dihabiskan dalam periode keuangan, dan jika dapat membuatnya secara manual atau menggunakan Sistem Akuntansi. Evaluasi setiap pengeluaran dengan cermat. Pikirkan dampaknya jika ada opsi untuk menguranginya.

  1. Tetap Produktif

Jika operasi bisnis dihentikan sementara dan akan banyak waktu untuk lebih banyak mencoba mempelajari keterampilan baru yang akan menguntungkan bisnis Anda? Keterampilan seperti akuntansi, analisis keuangan, dan teknologi informasi semuanya penting bagi bisnis, tetapi Anda mungkin sekarang memiliki waktu untuk mempelajarinya secara mendalam. Karena keadaan saat ini, banyak layanan yang menawarkan kursus gratis dalam ketajaman bisnis khas secara gratis. Itu berarti Anda dapat mengubah waktu henti menjadi pengembangan keterampilan, menjadikan resesi kesempatan untuk berkembang.

Selain meningkatkan diri sendiri, Anda juga dapat mendorong karyawan atau mitra Anda untuk mengambil krisis sebagai kesempatan belajar. Peningkatan yang dihasilkan dalam keterampilan Anda dan karyawan Anda bisa sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Karena situs web menawarkan pembelajaran online secara gratis, kursus-kursus ini tidak akan dikenakan biaya, namun menghasilkan manfaat besar di masa depan.

Dengan kiat-kiat ini, Anda tidak hanya akan lebih cenderung tetap bertahan selama masa-masa yang tidak pasti, tetapi Anda bahkan dapat menemukan jalan baru untuk bisnis Anda.

Baca Juga : MENGENAL LAPORAN ARUS KAS

www.turboly.com