Memahami Biaya Franchise

Bisnis franchise adalah salah satu usaha yang menjanjikan dewasa ini, selain praktis dan “aman” bisnis model ini memiliki keuntungan yang bagus bagi kedua belah pihak. Namun sebelum Anda masuk kedalam usaha franchise, ada biaya yang harus dibayarkan kepada pemilik franchise. Biaya ini disebut biaya franchise. Biaya waralaba atau franchise adalah pembayaran yang dilakukan oleh pewaralaba (franchisee) kepada pemilik waralaba (franchisor) untuk bergabung dengan sistem waralaba. Pemilik waralaba melisensikan merek dagang, merek layanan, nama dagang, logo, atau merek milik lainnya kepada pemegang waralaba.

Dalam hal ini pemilik waralaba memiliki kontrol atas seluruh operasional. Pewaralaba memiliki kewajiban melakukan pembayaran kepada pemilik waralaba sesuai dengan kesepakatannya biasanya dibebankan per tahun.

Biaya Management Fee

Franchise dalam jangka panjang adalah bisnis yang bekelanjutan selama kedua belah pihak masih sepakat untuk bekerjasama. Selama pewaralaba masih menjalankan bisnis dengan pemilik waralaba maka ada biaya tambahan yang dibayarkan rutin setiap bulan yang berupa pembayaran management fee. Biaya management fee ini dapat dihitung dengan berbagai cara. Di sebagian besar sistem, ini hanyalah persentase dari pendapatan kotor atau bersih franchisee.

Biaya Franchise

Biaya ini sempat kita singgung diawal, yaitu biaya franchise. Biasanya merupakan pembayaran awal yang dilakukan pewaralaba kepada pemilik waralaba ketika mereka menandatangani perjanjian waralaba dan menjadi waralaba. Sementara banyak orang menyamakan pembayaran biaya waralaba dengan layanan awal dan dukungan yang diberikan oleh pemilik waralaba, itu tidak terjadi dalam perjanjian waralaba yang dibuat dengan baik. Biaya hanyalah pembayaran untuk bergabung dengan sistem waralaba di bawah ketentuan yang termasuk dalam franchisor dan disetujui oleh franchisee dalam perjanjian waralaba.

Cara paling mudah dalam memahami biaya franchise ini adalah mirip dengan biaya membership ke sebuah sport club. Biaya franchise mirip dengan biaya di muka untuk bergabung dengan sport club dan management fee merupakan biaya langganan bulanan. Kewajiban para pihak kepada yang lain dalam sistem waralaba dan sport club didefinisikan dalam perjanjian, dan dalam perjanjian waralaba yang dibuat dengan baik, perbedaan antara layanan dan biaya didefinisikan dengan jelas dan dipisahkan secara material.

Jumlah yang ditetapkan oleh pemilik waralaba sebagai biaya waralaba mereka bervariasi dari satu industri ke industri lainnya dan tentunya di dalam pemilik waralaba di industri yang sama. Untuk sebagian besar, pemilik waralaba akan menetapkan biaya waralaba pada tingkat yang akan memungkinkan mereka untuk memasarkan kesempatan mereka kepada calon pewaralaba, membayar komisi kepada tenaga penjualan waralaba, dan kemudian memberi mereka sumber daya yang diperlukan untuk memberikan dukungan awal kepada pewaralaba. Biaya-biaya ini umumnya termasuk pelatihan awal, kunjungan untuk menyetujui situs dan memantau pengembangan situs waralaba, iklan awal, dan dukungan pembukaan, di antara biaya-biaya lainnya.

Bagi sebagian besar pemilik waralaba, biaya waralaba awal tidak dapat dinegosiasikan, tetapi, seperti halnya kontrak apa pun, jumlah biaya waralaba adalah apa pun yang disetujui kedua belah pihak. Waralaba adalah semua tentang replikasi yang konsisten dan berkelanjutan, dan jika satu franchisee telah membayar biaya franchise yang lebih rendah daripada yang lain, hal itu dapat menyebabkan hubungan dan masalah lain dalam sistem. Aturan yang baik untuk diikuti dalam menetapkan biaya adalah untuk memastikan bahwa pewaralaba dalam kondisi yang sama harus diperlakukan dengan cara yang sama.

Baca Juga : CARA MEMULAI BISNIS WARALABA

www.turboly.com