Sejauh Apa Risiko Persediaan Dapat Mempengaruhi Bisnis

Memahami jenis-jenis risiko persediaan yang mungkin berdampak bagi bisnis, akan memberikan pemahaman dan dapat menentukan strategi terbaik untuk mengurangi dampak risiko yang mungkin terjadi yang berguna bagi kontrol persediaan.

Jenis risiko persediaan

Sebuah bisnis seperti ritel akan memerlukan stok produk yang tepat pada waktu yang tepat agar tersedia bagi pelanggan. Ada berbagai jenis risiko persediaan yang dapat mengancam bisnis ritel :

Pemesanan Barang ke Supplier

Pemenuhan pesanan oleh supplier selalu memiliki batas waktu yang disepakati, kepatuhan mereka terhadap kualitas serta kuantitas yang dipesan dan kecepatan waktu pengiriman adalah risiko persediaan yang akan berdampak kepada pemenuhan pesanan pelanggan.

Pengiriman

Jika supplier terus mengirimkan lebih dini, ada lebih banyak peluang menghasilkan kelebihan persediaan. Kebalikannya juga berlaku - ketika supplier terlambat melakukan pengiriman, semakin besar peluang untuk kehabisan persediaan.

Kuantitas

Ketika supplier terus memberikan lebih dari yang dipesan, ada lebih banyak peluang untuk menghasilkan kelebihan persediaan. Sekali lagi, jika supplier terus memberikan kurang dari yang dipesan, memiliki lebih banyak peluang kehabisan persediaan.

Dengan berbagai resiko yang mungkin terjadi, kita dapat dengan mudah mulai mengidentifikasi supplier yang bermasalah dan bagaimana mengatasi hal ini?

Berikut adalah beberapa KPI supplier penting yang harus lacak :

Pemenuhan Permintaan

Seberapa baik bisnis dapat memperkirakan permintaan terkait dengan dampak permintaan risiko persediaan. Meskipun menghitung perkiraan keakuratan itu penting, bahkan lebih penting lagi untuk memahami dampak kesalahan apa pun yang mengarahkan pengambilan keputusan.

Forecasting

Kontrol persediaan dan peramalan permintaan berjalan seiring. Permintaan perkiraan berlebihan, dengan membeli lebih banyak stok persediaan daripada kemampuan untuk menjual, lebih mungkin menghasilkan kelebihan persediaan.

Jika permintaan di bawah perkiraan, akhirnya menjual lebih dari yang kita kira. akan berisiko kehabisan stok. Seberapa baik bisnis melakukan ini memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan untuk meminimalkan kehabisan persediaan dan mengurangi persediaan persediaan secara bersamaan.

Stok persediaan menghubungkan investasi keuangan yang signifikan, dan untuk bisnis yang paling sukses, pengendalian persediaan benar-benar merupakan kunci untuk mempertahankan arus kas.

Karena arus kas adalah jalur kehidupan kegiatan di masa depan, bisnis harus menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk mengurangi risiko persediaan.

Perangkat lunak manajemen persediaan cloud membuktikan alat yang untuk membantu bisnis untuk mengurangi peluang risiko persediaan dan melacak stok persediaan menggunakan informasi real-time dari sistem inventory. Sistem inventory tidak hanya mengoptimalkan perkiraan tetapi juga melacak data supplier untuk setiap persediaan yang kita terima.

Baca Juga : PELACAKAN NOMOR SERIAL DI TOKO ELEKTRONIK

www.turboly.com