3 Manfaat Stock Opname

image

Stock Opname adalah proses menghitung secara fisik barang-barang di fasilitas penyimpanan, toko atau gudang dan mencocokan jumlah kuantiti tersebut dengan jumlah kuantiti yang tercatat dalam Sistem Inventory. Prosesnya bisa dilakukan setiap bulan, dua kali setahun, atau setahun sekali tergantung dari volume stok di tempat penyimpanan. Meskipun stock opname dapat menyebabkan terganggunya operasional (terkadang stock movement di freeze sementara), namun proses ini harus tetap dilakukan mengingat keuntungan yang Anda peroleh dari proses tersebut.

Manfaat Penting dari Stock opname

Ada banyak manfaat stock opname reguler selain keuntungan finansial bagi perusahaan. Berikut ini beberapa keuntungan penting dari stock opname

1. Tingkatkan keuntungan perusahaan

Stock opname akan membantu meningkatkan keuntungan perusahaan dengan mengurangi kerugian. Bahkan, perusahaan bisa meningkatkan keuntungan dengan memiliki pandangan realistis tentang barang apa yang miliki di gudang saat ini, apa yang paling laku, dan produk apa yang lambat bergerak. Faktanya, jika ada yang salah maka akan mendapatkan kesempatan untuk mengetahuinya sedini mungkin. Itulah mengapa harus menerapkan jadwal stock opname yang efektif di fasilitas penyimpanan atau gudang. Dengan begitu, dapat membuat keputusan berdasarkan informasi dan data tentang produk mana yang harus diinvestasikan dan produk mana yang harus dihindari. Jika menemukan dead stock di gudang, bisa merencanakan flash sale untuk mengalihkan stok. Meskipun mungkin menjual produk dengan flash sales itu dengan margin keuntungan yang lebih rendah, lebih baik menjual barang daripada membiarkannya memenuhi ruang gudang. Salah satu manfaat terpenting dari stock opname rutin adalah akan belajar tentang barang yang bergerak lambat di gudang. Dengan begitu, dapat meminimalkan pemesanan produk semacam itu dan menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Inilah beberapa keuntungan penting dari stock opname.

2. Menemukan Masalah

Data yang Anda dapatkan setelah stock opname adalah data paling up to date dari apa yang dimiliki saat ini di area penyimpanan atau gudang. kehilangan dan kerusakan adalah perbedaan umum yang terjadi di gudang. Faktanya, stock opname yang benar akan membantu mengungkap ketidaksesuaian tersebut dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah hal tersebut terjadi di masa mendatang. stock opname secara teratur dapat menjadi pencegah kehilangan dan kerusakan barang. Dengan begitu akan dapat meminimalkan kehilangankarena staf akan tahu bahwa stock opname akan mengungkap segala ketidaksesuaian di gudang. Di sisi lain, dalam kasus kerusakan stok, proses stock opname akan menyoroti di mana kerusakan itu terjadi. Jika terjadi kebocoran di gudang dan menyebabkan kerusakan, dapat segera mengambil langkah untuk memperbaiki kebocoran dan melindungi barang-barang di gudang. Jika stock opname tidak dilakukan, tidak akan tahu bahwa ada barang yang rusak di gudang. Bahkan, mungkin berasumsi bahwa semua barang adalah fast moving. Itulah mengapa harus menerapkan jadwal stock opname yang efektif di fasilitas penyimpanan atau gudang.

3. Tinjau Strategi Penetapan Harga

Mendapat kesempatan untuk meninjau strategi penetapan harga barang di gudang saat menghitung stok secara teratur. Faktanya, akan dapat membuat perubahan yang diperlukan pada struktur harga barang setelah memiliki gambaran lengkap tentang apa yang ada di gudang.

Turboly Cloud ERP memberikan manfaat software inventory yang sangat inovatif yang akan membantu mempercepat proses stock opname

Baca Juga : PENTINGNYA SISTEM MANAJEMEN UNTUK GUDANG

turboly.com