Cash Management untuk Usaha Ritel

image

Cash Management sangat penting dalam industri ritel. Cash Management mengacu pada proses penerimaan dan pengeluaran uang dalam satu unit usaha atau perusahaan. Pada bisnis ritel, penanganan uang tunai bermula dari penerimaan kas pembayaran hingga pengelolaan uang di back office. Cash Management yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan.

Sebelum kita membahas seluk beluk penanganan kas yang efektif. Apa yang bisa terjadi dengan penanganan kas yang buruk? 3 masalah umum dalam industri ritel meliputi:

1. Kurang Kontrol

Salah satu alasan paling berharga untuk prosedur penanganan cash management adalah kontrol menyeluruh. Harus diketahui di mana uang disimpan? Tahukah siapa yang memiliki akses keuangan dan apa tujuannya? Dengan penanganan cash management yang efektif, kita akan mendapatkan jawaban ini. Jika Cash Management dijalankan dengan baik, kita dapat dengan mudah menghindari masalah dengan pembukuan, penipuan, pencurian, kesalahan dan tersendatnya arus kas

2. Tidak Ada Bukti Transaksi

Masalah umum kedua adalah tidak ada bukti transaksi. Cash management memastikan bahwa kita setiap penerimaan dan penggunaan uang disertai bukti tertulis siapa yang menerima dan siapa yang menggunakan. Jika cash management tidak didukung dengan bukti yang valid, maka akan mempersulit identifikasi kesalahan dan memperbaiki kesalahan. Ini berarti jika kita melihat ada ketidaksesuaian dalam penggunaan uang akan sulit dapat melacaknya kembali ke sumbernya.

3. Tingkat Keamanan Rendah

Masalah umum ketiga adalah keamanan. Penanganan uang tunai, baik kebijakan maupun teknologi, dapat meningkatkan keamanan dalam bisnis. Kita akan memiliki pengawasan yang lebih besar atas uang tunai, termasuk siapa yang memiliki akses, dan ini akan membantu mencegah penipuan, pencurian, dan pelanggaran. Tanpa penanganan cash management yang baik, bisnis Anda bisa lebih rentan dari sudut pandang keuangan.

Meskipun ini hanya tiga masalah umum, cash management yang efektif akan memiliki manfaat luas bagi bisnis, sebagian besar berasal dari perspektif peningkatan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan.

Beberapa elemen kunci di balik penanganan uang tunai berkisar dari:

  • Pengelolaan kas fisik - Bagaimana menerima dan mendistribusikan uang tunai, di mana menyimpannya dan siapa yang memiliki akses ke sana.
  • Sistem POS - Sistem Point of Sale (POS Retail) sangat penting untuk pengelolaan kas yang efektif. Pastikan kasir terlatih dengan baik dan memiliki kendali penuh atas kas penjualan yang mereka terima.
  • Pelacakan pembayaran - Semua pembayaran, baik fisik maupun digital, perlu dilacak, dipantau, dan disimpan dengan benar.
  • Bukti Transaksi - Semua kuitansi, faktur, dan dokumen terkait pembayaran lainnya harus diproses dan diajukan secara akurat.
  • Memahami pentingnya cash management di industri ritel merupakan langkah awal yang penting. Cash management adalah pondasi untuk dapat mulai meningkatkan bisnis.

Secara alami, ini semua dimulai dengan penilaian terhadap prosedur dan praktik dalam bisnis saat ini. Lakukan analisis kebijakan untuk mencari area kebutuhan. Pastikan kontrol internal sesuai dengan kecepatan, dan tidak ada risiko yang mencolok dalam proses pengelolaan kas.

Baca Juga : MENGENAL LAPORAN ARUS KAS

turboly.com