Tingkatkan Penjualan B2B dengan Opsi Kredit Fleksibel

image

Pelanggan B2B semakin tertarik dengan fasilitas ecommerce, maka penting bagi pedagang B2B/ wholesale untuk memberi mereka penawaran yang menguntungkan, pengalaman pembelian yang fleksibel dan sederhana, persyaratan pembayaran yang mudah dan nyaman untuk meningkatkan kapasitas pembelian dan kemauan mereka untuk membayar.

Berikut adalah tips penjualan B2B dengan mempertahankan opsi kredit yang fleksibel untuk menarik pelanggan secara online dan meningkatkan kapasitas pembelian mereka, sekaligus mengendalikan risiko kredit macet.

Berikan Credit Limit

Menetapkan batas kredit lebih cenderung menjadi seni. Seringkali, batas kredit ditetapkan berdasarkan firasat dan bukan melalui perhitungan. Namun, kami menyarankan untuk menetapkan batas kredit dengan pendekatan matematis dan harus ditinjau dari waktu ke waktu. Misalnya. Setelah pelanggan baru bergabung, setelah verifikasi dan perjanjian awal, tetapkan 20% hingga 25% dari total nilai kredit pelanggan yang ada. Ini harus ditingkatkan berdasarkan perilaku pembayaran pelanggan di masa mendatang.

Pay Later

Pelanggan B2B senang melihat konsep beli sekarang dan bayar nanti bersama dengan beberapa persyaratan pembayaran seperti Net30, Net45, Net90 dll. Dengan cara ini, mereka dapat membeli barang dan menjualnya kepada pelanggan mereka yang akan meningkatkan kapasitas mereka untuk menjaga arus kas dalam bisnis.

Tingkatkan Hubungan Personal:

Seperti yang saya katakan sebelumnya, peningkatan batas kredit kepada pelanggan berperan penting untuk meningkatkan hubungan antara produsen dengan pelanggan. Pembeli memahami bahwa kita mempercayai kemampuan bayar mereka. Kepercayaan merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis karena kepercayaan ini akan mengembangkan hubungan jangka panjang antara Pembeli dan Penjual.

Aktifkan Fungsi Reminder dibandingkan Blocking

Jika kita sudah mengenal pelanggan, akan lebih baik untuk menggunakan fungsi reminder letter dari Sistem ERP yang dipersonalisasi tentang faktur yang belum tertagih dibandingkan memblokir pesanan mereka. Jika kita ingin mengizinkan beberapa pelanggan untuk boleh melakukan transaksi/ memesan meskipun mereka melewati batas kredit mereka, maka kita dapat menggunakan konfigurasi ini dan mengingatkan mereka untuk membayar faktur belum tertagih dengan klausul bahwa barang akan dikirim setelah melakukan pembayaran dari faktur jatuh tempo untuk menyesuaikan batas kredit mereka. Fitur ini akan membantu mendapatkan pesanan dan akan menciptakan tekanan logis untuk pembayaran faktur yang tertunggak

Terakhir, memberikan fasilitas kredit pasti akan membantu meningkatkan penjualan tetapi jangan menganggap enteng ini dan wajib harus meninjaunya dari waktu ke waktu dan mengubahnya sesuai pembayaran pelanggan. Implementasikan Sistem ERP ,agar dapat dengan mudah mengintegrasikan operasional bisnis termasuk Sistem POS, CRM, Ecommerce, Marketplace, Finance dalam satu platform untuk mengotomatiskan proses bisnis

Baca Juga : SENI MENAGIH PIUTANG DAGANG

turboly.com