image

MENGENAL 4 TIPE SUPPLIER

Istilah supplier umumnya disalah-artikan dengan distributor yang menjual produk jadi pada para pedagang ritel. Untuk itu, kami telah memberikan gambaran singkat tentang proses, kekuatan, dan kekurangan dari empat jenis supplier yang umum.

  1. PRODUSEN DAN VENDOR

Saat bekerjasama dengan produsen dan vendor, itu adalah saatnya kita bekerja dengan sumber rantai distribusi tertinggi. Produsen & vendor adalah pihak yang melakukan riset, mengembangkan, dan menghasilkan produk. Secara efektif, mencari bahan dari produsen berarti tidak perlu membayar bisnis tambahan apa pun untuk penanganan dan penyimpanan produk.

Banyak produsen membuat produk setelah dipesan (pre-order). Hal Ini dapat membuat waktu tunggu lebih lama dibandingkan saat kita membeli atau memesan dari grosir dan distributor. Namun, jika yang dibutuhkan bukanlah sesuatu yang tersedia atau diproduksi secara massal, produsen dan vendor dapat membuat pesanan dalam jumlah besar sesuai spesifikasi khusus yang dibutuhkan. Produsen akan ideal digunakan ketika efisiensi dan kekhasan menjadi prioritas utama.

  1. GROSIR DAN DISTRIBUTOR

Pedagang grosir dan distributor dikenal karena membeli persediaan dalam jumlah besar, menyimpannya, dan menjualnya dalam jumlah yang lebih kecil ke bisnis retail. Mereka mengkhususkan diri dalam membawa ukuran standar dalam volume tinggi. Karena produk sudah dibuat, mungkin memiliki pilihan terbatas, tetapi waktu pergantian pesanan akan lebih singkat.

  1. PENGRAJIN INDEPENDEN

Pengrajin independen yang membuat karya mereka sendiri seringkali menjual karyanya secara mandiri atau bermitra dengan perwakilan yang membantu menjual produk akhir mereka. Pengrajin independen terkenal dengan kekhasan atau keunikan, bersama dengan detail buatan tangan. Bahan bersumber dari pengrajin independen biasanya ideal untuk proyek yang melibatkan pembelian dalam jumlah kecil di mana waktu giliran adalah prioritas yang lebih rendah.

  1. Importir

Ketika Anda mendengar pembicaraan tentang manufaktur di luar negeri, supplier yang mengimpor dan mengekspor barang-barang manufaktur tersebut dikenal sebagai importir. Importir membeli bahan mereka dari satu negara, dan kemudian mereka menjual bahan yang sama di negara lain.

Saat kita mencari bahan melalui importir, pesanan dalam jumlah besar dalam ukuran standar adalah tempat yang paling menguntungkan. Volume tinggi membantu mengimbangi biaya yang dikeluarkan melalui pengiriman dan pengangkutan produk. Tidak jarang membeli dari grosir atau distributor yang sumber dari importir juga.

SUPPLIER PRODUK MANA YANG TERBAIK?

Apa pun industrinya, akan menemukan salah satu dan semua jenis supplier ini beroperasi sesuai dengan segmen dan pasarnya. Saat mencari supplier yang tepat untuk perusahaan, yang terpenting adalah melihat kebutuhan apa dan jenis supplier mana yang paling sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Baca Juga : PERBEDAAN VENDOR DAN SUPPLIER

www.turboly.com