4 Langkah Mendapatkan Kredit Dari Supplier

image

Setiap perusahaan, terutama perusahaan kecil dan menengah, perlu memperhatikan arus kas. Kewajiban membayar supplier atas pembelian barang barang, dimana biasanya supplier memberikan jangka waktu kredit tertentu. Jika sebuah produk lambat pergerakan penjualan-nya ini bisa mengganggu arus kas dan otomatis akan meningkatkan biaya dan bisa fatal jika menimbulkan kredit macet.

Salah satu cara untuk meringankan kondisi seperti ini adalah dengan melakukan negosiasi pemberian kredit atau jangka waktu kredit dengan supplier. Meskipun setiap supplier memiliki batasan kriteria masing-masing dalam kebijakan pemberian kredit.

Cara terbaik untuk mendapatkan kredit adalah dengan meningkatkan skor kredit komersial. Mudah saja jika memiliki arus kas: cukup bayar tagihan tepat waktu untuk membangun atau meningkatkan kredit komersial perusahaan. Namun bagaimana jika kondisi-nya bukan demikian? Bagaimana cara agar tetap mendapatkan kredit atau keringanan kredit dari supplier?

  • Tingkatkan Skor Kredit - Cara terbaik untuk mendapatkan kredit adalah dengan meningkatkan skor kredit komersial Anda. Mudah saja jika Anda memiliki arus kas: cukup bayar invoice tepat waktu untuk membangun atau meningkatkan kredit komersial perusahaan Anda.
  • Ajukan limit kredit/ hutang dalam jumlah kredit yang lebih kecil Jangan membuat kesalahan dengan meminta batas kredit dalam jumlah besar dan waktu pembayaran yang lama. Mulailah dengan saldo yang lebih rendah atau persyaratan yang lebih pendek sehingga mereka lebih cenderung setuju dan membantu memulai dengan batas kredit.
  • Lakukan pembayaran dengan selektif Dalam hal ini perlu untuk bersikap strategis tentang siapa yang Anda bayar dan kapan.
  • Menaikan Batas Kredit Setelah Anda membuat riwayat pembayaran, hubungi supplier Anda dan minta persyaratan yang lebih baik. Anda dapat meminta kenaikan batas kredit Anda, waktu pembayaran lebih lama, atau keduanya.

Dalam beberapa hal, mendapatkan kredit dari supplier merupakan langkah maju dalam kematangan perusahaan. Ini membuat Anda memiliki keistimewaan baru, dan juga tanggung jawab baru, jadi ini bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Sebagai pemilik perusahaan, Anda berfokus pada apa dan bagaimana Anda memasarkan, membeli, dan menjual. Tetapi ada elemen lain yang penting untuk kesuksesan Anda: manajemen keuangan perusahaan Anda. Tetap fokus pada apa yang Anda lakukan terbaik - dan selebihnya memaksimalkan Sistem ERP untuk membantu memaksimalkan profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan Anda.

Baca Juga : Jenis Jenis Term of Payment

turboly.com