Mengenal Pembayaran Piutang Parsial?

image

Apakah pembayaran parsial itu?

Pembayaran parsial adalah pembayaran sebagian atau cicilan dari nilai invoice atau faktur yang ditagihkan dalam waktu kurang dari jatuh tempo. Pembayaran parsial biasanya setengah dari jumlah total, atau persentase lain sesuai kebijakan dan kesepakatan dengan pelannggan

Mengapa pelanggan melakukan pembayaran parsial?

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu membuat faktur di mana sebagian dari jumlah total harus dibayar di muka seperti setoran. Kasus seperti ini biasa terjadi pada bisnis yang menyediakan layanan, di mana sebagian dari jumlah akhir yang harus dibayar akan diminta di muka sebagai semacam jaminan untuk penyelesaian pembayaran.

Jika Anda bergerak di bidang grosir bahan bangunan, Anda mungkin sudah terbiasa dengan pembayaran parsial. Kemajuan pekerjaan yang sedang berlangsung di bawah kontrak mungkin sulit untuk memperkirakan biaya akhir, karena mungkin ada beberapa biaya overhead tambahan atau masalah yang mungkin timbul. Oleh karena itu, biasanya pelanggan ditagih dan akan melakukan pembayaran sebagian hingga pekerjaan selesai sepenuhnya.

Pembayaran parsial memungkinkan pelanggan Anda membayar sebagian dari jumlah total hutangnya dengan mencicil selama jumlah total dibayarkan sebelum tanggal yang ditentukan.

Pembayaran parsial dan Debitur

Apa pun alasannya, pembayaran sebagian tidak jarang terjadi. Namun masalahnya adalah ketika pelanggan membayar tagihan melalui serangkaian pembayaran, mudah sekali kehilangan jejak dari apa yang masih mereka hutangi tanpa bantuan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang baik.

Sistem ERP Turboly membantu Anda dengan mudah melacak pembayaran parsial yang diterima, dan mencocokkan setiap pembayaran dengan tagihan yang sesuai.

Pertama, saat membuat faktur untuk pelanggan, yang menyatakan jumlah total hutangnya. Jika pelanggan Anda melakukan pembayaran sebagian - tunai atau transfer bank. Jika pembayaran piutang (A/R Payment) secara parsial maka status invoice Anda akan tetap outstanding. Baru jika pembayaran sudah diterima penuh status Invoice akan berubah menjadi “Paid” atai terbayar.

Dengan Sistem ERP Turboly, setelah pelanggan Anda melakukan pembayaran sebagian dan Anda mencatatnya di modul Piutang (A/R) sesuai dengan Nomor Sales Invoice yang dikeluarkan, pelanggan dapat menerima tanda terima pembayaran melalui email atau cetak. Tanda terima pembayaran akan menunjukkan pembayaran sebagian, serta jumlah sisa yang masih terutang.

Memberi pelanggan Anda opsi untuk melakukan pembayaran sebagian sebenarnya dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian, karena mereka tidak perlu melakukan pembayaran penuh sekaligus. Hal ini dapat meningkatkan penjualan Anda, dan dapat membuat banyak pelanggan Anda senang dengan memberi mereka opsi pembayaran yang mudah.