6 Fitur yang Harus Dimiliki dalam Software ERP untuk Distributor Grosir

image

Software ERP merupakan kebutuhan mutlak untuk mendukung pengelolaan bisnis distribusi grosir. Manajemen harus memiliki gambaran yang jelas tentang stok (jumlah masuk, jumlah keluar, kelebihan, dan kekurangan) untuk mengelola biaya operasional dan menyeimbangkannya dengan pendapatan bulanan. Hal ini bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan informasi yang cukup detail dari seluruh produk dan pergerakannya. Hanya sebuah solusi ERP yang handal dan komprehensif yang dapat menyederhanakan proses dan mengoptimalkan data sekecil mungkin menjadi sebuah informasi yang berharga. Berikut adalah enam fitur yang harus dimiliki dalam software ERP untuk bisnis distributor grosir yang dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis.

Pengoptimalan Stok dan Pembelian

Kemampuan untuk memproses pesanan tepat waktu secara efisien adalah poin plus bagi distributor. Untuk mewujudkannya, semua operasi diharapkan berjalan dengan baik. Distributor sering kesulitan mengelola stok dan pembelian untuk memastikan tingkat persediaan yang tepat, dan produk yang masuk dan keluar tepat waktu. Sistem ERP yang memiliki dengan tampilan menyeluruh secara 360 derajat dari siklus pembelian dapat melakukan mengurangi efektifitas. Fitur ini membawa banyak keuntungan bagi perusahaan termasuk layanan pelanggan yang lebih baik, penghematan waktu, dan biaya yang lebih rendah. Ini memberikan pandangan komprehensif dari setiap informasi pembelian-penjualan, yang membantu mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis perusahaan serta memperkirakan apa yang akan membuatnya terus berkembang di masa depan.

Manajemen Logistik Yang Terdefinisi Dengan Baik

Satu hal yang umum di semua bisnis distribusi grosir adalah tantangan logistik yang tidak pernah ada habisnya. Alokasi mesin yang tidak tepat, siklus permintaan yang berubah-ubah, waktu pengiriman yang lebih pendek, persaingan harga yang rendah, dan biaya bahan bakar yang tinggi adalah beberapa tantangan utama yang memperumit proses distribusi secara keseluruhan. Software ERP dengan manajemen logistik yang baik akan menawarkan solusi terbaik dengan meningkatkan visibilitas di seluruh pengiriman, pesanan, dan stok sehingga mendukung pekerjaan dengan cepat untuk mengurangi biaya. Selain itu, Software ERP juga membantu dalam meningkatkan akurasi dan efisiensi proses, memastikan pengiriman tepat waktu untuk memenuhi harapan pelanggan.

Pemenuhan Pesanan yang Efektif

Picking dan packing adalah dua fungsi utama pemenuhan dalam operasi distribusi apa pun. Dalam hal ini, barang dengan volume berapapun, besar atau kecil, dipilih dari pengiriman, kemudian dikemas kembali bersama-sama sesuai dengan instruksi pelanggan, dan dikirim ke tujuan. Solusi ERP harus mencakup fungsi pemenuhan yang memadai. Ini akan membuat bisnis dinamis dan dengan cepat, dengan sempurna.

Tracing Persediaan

Mengetahui jumlah stok persediaan adalah salah satu tugas terpenting bagi semua distributor grosir. Software ERP yang harus memiliki sistem pelacakan persediaan yang efektif, yang memungkinkan kontrol yang lebih baik atas praktik manajemen inventory di perusahaan. Inventory Management harus dapat menghasilkan penghitungan yang akurat, dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk menyesuaikan/ koreksi saat diperlukan, tanpa membawa perubahan yang menjadikannya tidak efektif. Semua ini bertujuan untuk pemenuhan permintaan pelanggan tepat waktu, lebih sedikit kehilangan penjualan, dan mengurangi biaya penyimpanan persediaan.

Fungsi Pelaporan

Mendapatkan wawasan yang tepat tentang bagaimana kinerja bisnis mengarah pada forecasting yang paling efektif. Solusi ERP distribusi yang ideal dengan alat pelaporan yang efektif dapat secara aktif mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna. Sistem pelaporan dengan cepat menyesuaikan informasi dan memberi analisa data akurat yang diperlukan. Otomasi pelaporan akan mengurangi waktu pembuatan laporan secara manual dan menghilangkan kesalahan manusia.

Finance dan Accounting

Apakah bagian dari rangkaian ERP, data pelanggan, keuangan dan akuntansi merupakan operasi penting bagi perusahaan dimanapun, termasuk distributor. Dengan memiliki solusi ERP fungsi yang menyeluruh menjadikan satu aplikasi distributor akan cukup untuk memberikan visibilitas lengkap ke fungsi back office, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan mengelola layanan pelanggan dengan lebih efisien. Software ERP yang komprehensif memungkinkan perusahaan untuk menyelaraskan semua proses dengan tujuan bisnis mereka dan memiliki fokus yang lebih baik pada pengembangan perusahaan secara keseluruhan.

Jika Anda sedang mencari solusi yang diberkahi dengan fitur-fitur yang disebutkan di atas, Anda telah mencapai tempat yang tepat karena Cloud ERP Turboly membantu Anda dengan semua hal yang diperlukan untuk mengelola operasi bisnis secara efisien, sehingga memungkinkan Anda menghemat waktu dan mengontrol biaya operasional.

Baca Juga : [Evolusi Software ERP Sistem Untuk Wholesale dan Distributor Cloud ERP](https://www.turboly.com/blog/2019/02/Evolusi-Teknologi-Distributor-Cloud-ERP.html)

turboly.com