4 Tipe Data yang Dihasilkan oleh Sistem ERP

image

Begitu banyak informasi berguna yang tersedia dalam laporan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat sangat membantu mengoptimalkan operasi bisnis. Memang, menggunakan laporan ini secara efisien dapat membantu meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya operasional.

Namun, tidak semua pemilik bisnis meluangkan waktu untuk menganalisis data dan menerapkan perubahan menjadi lebih baik. Untuk alasan inilah kami akan membahas beberapa aspek analisis data Turboly ERP dengan merinci informasi yang terkandung dalam laporan dan manfaat yang dapat diperoleh dari mengambil tindakan:

Ada banyak tipe data yang dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda mengelola toko ritel. Sistem ERP dapat memberikan akses ke seluruh aspek perusahaan. Mari kita lihat aspek-aspek ini dan bagaimana data dapat berguna bagi Anda.

Laporan Akuntansi & Keuangan

Dengan Turboly ERP, Anda memiliki akses ke berbagai informasi penting dalam laporan akuntansi. Antara lain, dapat mengakses saldo piutang, hutang yang memungkinkan untuk mendapatkan semua sumber pendapatan dan pengeluaran perusahaan, juga memiliki lebih spesifik pada kredit yang diberikan kepada pelanggan. Dengan ini, laporan akuntansi memberikan gambaran umum tentang penjualan dan pengeluaran dan memungkinkan untuk melihat pertumbuhan toko dalam jangka panjang sambil memiliki akses data sampai ke detail yang memungkinkan mengontrol keuangan toko secara konstan.

Laporan Persediaan

Dengan Turboly ERP, memberikan memiliki akses ke berbagai laporan tentang persediaan Anda. Untuk memulainya, laporan memungkinkan Anda melihat semua penyesuaian persediaan yang telah dibuat untuk jangka waktu tertentu. Dengan cara ini, Anda selalu menyadari perubahan yang dibuat, sambil menghindari potensi kesalahan yang muncul saat melakukan persediaan secara manual.

Laporan persediaan juga memberikan laporan mengenai umur persediaan dalam gudang atau toko hingga kondisi barang yang rusak, dalam perbaikan atau menunggu penggantian atau pengembalian. Informasi ini memungkinkan untuk melacak status setiap item dengan cermat, mengetahui kondisi pastinya tanpa harus memantaunya secara manual.

Untuk perusahaan ritel yang memiliki banyak cabang/ jaringan, laporan ini memungkinkan melakukan pemantauan produk secara konstan, sekaligus memberikan informasi tentang pembelian berdasarkan area/ wilayah. Saat memindahkan barang dari satu toko ke toko lain, dapat lebih memahami tren pembelian di wilayah tertentu, dan karenanya lebih beradaptasi dengan kebiasaan konsumen.

Dengan laporan persediaan, Anda dapat melihat persediaan Anda saat ini, sehingga jumlah yang tepat dari setiap produk yang Anda miliki di toko dan berapa banyak yang tersedia untuk dijual secara online jika berlaku. Anda bahkan dapat melihat tren penjualan selama 30 hari terakhir. Laporan ini adalah fitur yang bisa sangat berguna mengingat tren pembelian pelanggan yang terus berubah dan berkembang. Mempertimbangkan bahwa jaringan toko melakukan berbagai macam transaksi seperti transfer persediaan, pertukaran dan pengembalian, dan lainnya, penting untuk menyinkronkan persediaan dan laporan terperinci untuk membuat keputusan di seluruh jaringan yang terinformasi.

Dengan Turboly ERP, Anda dapat mengetahui dengan tepat berapa banyak produk yang perlu dipesan karena sistem ini menyediakan panduan re-order point dengan akurat.

Laporan Penjualan

Dengan Turboly ERP, aksesibilitas laporan penjualan memungkinkan analisis situasi bisnis yang cepat. Selain itu, dimungkinkan untuk membandingkan satu tahun fiskal dengan yang lain dengan memilih laporan Perbandingan Penjualan. Dengan cara ini, mudah untuk merujuk ke laporan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat, tetapi di atas segalanya untuk memahami perubahan di pasar dari tahun ke tahun dan dapat membuat penyesuaian yang diperlukan.

Dalam laporan ini juga Anda dapat melihat penjualan per karyawan/ sales person. Dengan cara ini, Anda dapat lebih memahami karyawan Anda sehubungan dengan kinerja mereka dan apakah mereka memenuhi persyaratan perusahaan atau tidak. Hal ini juga memungkinkan untuk menawarkan lebih banyak pelatihan kepada karyawan tertentu jika diperlukan, atau untuk mengawasi mereka dengan lebih baik guna meningkatkan kinerja mereka. Sebaliknya, jika seorang karyawan berkinerja sangat baik, lebih mudah untuk menentukan dan memberi mereka penghargaan yang sesuai.

Jelas, adalah mungkin untuk mengakses penjualan berdasarkan unit, untuk mengetahui jumlah yang terjual untuk item tertentu. Terakhir, Anda dapat melihat semua detail mengenai setiap penjualan yang dilakukan di toko dan pembayaran yang telah diterima pada pesanan juga dapat dipantau.

Baca Juga : 6 Jenis Laporan Persediaan dan Laporan Penjualan untuk Digunakan di Toko

turboly.com