Tips Mengelola Inventory Konsinyasi Terbaik

image

Distributor mungkin enggan untuk memperluas bisnis dengan konsep konsinyasi mereka karena mereka menganggap konsinyasi terlalu “mahal”. Konsep ini mengharuskan mereka untuk menyimpan banyak persediaan di lokasi pelanggan, menahan modal dan meningkatkan risiko. Namun, jika distributor menetapkan persyaratan konsinyasi yang tepat dan mengikuti praktik terbaik inventory konsinyasi, ada banyak keuntungan bagi distributor dan pelanggan. Setelah mengetahui dasar-dasar cara mengelola inventory konsinyasi, akan jauh lebih mudah.

Untuk mendapatkan inventory konsinyasi dengan benar:

Memanfaatkan Sistem ERP

Layanan inventory konsinyasi yang sukses membutuhkan persediaan yang baik untuk memastikan pelanggan selalu memiliki apa yang dapat mereka gunakan atau jual. Menyediakan dashboard khusus yang dapat digunakan pelanggan untuk proses order menawarkan kemampuan untuk mengatur level minimum dan maksimum sehingga distributor dapat memesan ulang apa yang dibutuhkan pelanggan mereka saat mereka membutuhkannya. Menggunakan alat pelacak otomatis, seperti Turboly Cloud ERP,

Memantau Pergerakan Inventory

Jika pergerakan persediaan bergerak dengan cepat, persediaan konsinyasi adalah nilai yang lebih baik bagi distributor. Carilah nilai yang lebih tinggi, varian produk yang lebih banyak.

Targetkan Varian Produk yang Tepat

Seorang consignee mungkin mengatakan bahwa mereka menginginkan semuanya secara konsinyasi. Tapi lihat produk mana yang masuk akal untuk dikirim. Dalam hal ini, Anda dapat mengatur pengiriman hanya pada 60 produk dan memantau pengisian ulang pada produk tersebut.

Pilih teknologi yang tepat untuk memastikan tingkat inventory konsinyasi Anda dioptimalkan

Memilih teknologi yang tepat untuk mendukung program inventory konsinyasi sangatlah penting. Manfaat menggunakan Cloud ERP Turboly untuk konsinyasi adalah kemampuan penyetelan min/maks dapat mengoptimalkan inventory dan memastikan pelanggan memiliki jumlah minimum yang mereka butuhkan untuk melayani pelanggan akhir mereka. Mengotomatiskan proses ini menghilangkan celah kesalahan. Dengan dukungan sistem yang tepat, penentuan min/maks, distributor dapat mengidentifikasi penggunaan aktual dan jumlah minimum dan maksimum yang perlu disediakan pelanggan. Hal ini mengurangi jumlah persediaan yang dibutuhkan distributor untuk disimpan di lokasi pelanggan, sehingga menghemat uang tunai distributor dan biaya penyimpanan tahunan. Dengan penghematan tersebut, distributor dapat menawarkan konsinyasi kepada pelanggan tambahan.

Memulai jalur persediaan konsinyasi dapat memberikan peluang besar bagi distributor yang ingin menyempurnakan hubungan mereka dengan pelanggan sambil membuka peluang untuk keuntungan yang lebih besar. Ketika berhasil, harapkan peningkatan pembelanjaan pelanggan dan peningkatan loyalitas dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Cara Terbaik Me-Manage Inventory Konsinyasi

[www.turboly.com](https://turboly.com