Analisa Retail Melalui Laporan POS Software Online

image

Software Point of Sale Online / POS Software Online memiliki kemampuan pelaporan yang menjelaskan grafik penjualan dan inventory. Setiap solusi POS Software Online berbeda, tapi semuanya akan menawarkan berbagai jenis laporan yang dapat membantu Anda menjalankan Toko Retail. Secara ideal, POS Software Online wajib memiliki jenis laporan berikut ini:

Inventory Stock Level – Wajib untuk mengetahui berapa banyak barang dagangan yang miliki di toko, jadi jika ada laporan yang harus dibaca secara teratur :

Inventory Low Stock – Laporan ini memberi tahu Anda produk/ SKU mana yang hampir habis, sehingga Anda dapat menghindari kehabisan stok. Yang terbaik adalah menjalankan laporan ini secara teratur sehingga Anda dapat melihat pola di sekitar produk/ SKU mana yang selalu hampir habis.

Laporan Fast/ Slow Moving – Seberapa cepat barang terjual? Produk mana yang menghasilkan uang paling banyak? Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh laporan kinerja produk Anda. Idealnya, laporan ini harus memberi tahu Anda berapa banyak barang dagangan yang telah Anda jual selama periode waktu tertentu serta ringkasan barang yang terjual per bulan atau per minggu. Gunakan laporan kinerja produk untuk menentukan produk/ SKU mana yang layak untuk diinvestasikan dan mana yang tidak boleh dipesan ulang.

Laporan Summary Sales – Laporan ini memberi Anda gambaran umum tentang penjualan Anda untuk jangka waktu tertentu. Laporan penjualan Anda juga harus menunjukkan harga pokok penjualan, laba kotor, margin, dan pajak, sehingga Anda dapat memiliki ide yang lebih baik tentang berapa banyak keuntungan yang didapatkan.

Laporan Penjualan Per Produk dan Tipe Produk – Jenis laporan ini memudahkan untuk mengidentifikasi produk penjualan terbaik (dan terburuk), sehingga Anda dapat menentukan tindakan yang tepat. Jika produk tertentu laris manis, misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk memesan lebih banyak. Di sisi lain, jika suatu produk tidak berkinerja, maka Anda ingin tahu lebih cepat daripada nanti sehingga Anda dapat menjalankan promosi sebelum musim berakhir.

Laporan Penjualan Per Pelanggan atau Grup Pelanggan – Sebaiknya buat laporan “penjualan per pelanggan” atau “penjualan per grup pelanggan”. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi pelanggan segmen tertentu tidak sepenuhnya memberikan kontribusi yang bagus. Dari lporan ini Anda dapat menyesuaikan promosi dan komunikasi dengan tepat.

Turboly Retail Management System menyediakan berbagai jenis dashboard dan laporan untuk membantu mempercepat pertumbuhan bisnis retail.

Baca Juga : 4 Laporan Penting dalam Inventory Management

turboly.com)